Klasifikasi penyakit diabetes melitus tipe I dan diabetes melitus tipe II dengan menggunakan metode analisis diskriminan

Syahputra, Ismadi (2020) Klasifikasi penyakit diabetes melitus tipe I dan diabetes melitus tipe II dengan menggunakan metode analisis diskriminan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Ismadi Syahputra.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Diabetes mellitus atau penyakit kencing manis adalah salah satu penyakit yang cukup berbahaya di Indonesia maupun di dunia. Kebanyakan penyebab dari penyakit ini adalah gula darah yang menumpuk akibat gaya hidup yang tidak sehat, dan juga bisa disebabkan karena keturunan genetik. Indonesia masuk kedalam peringkat enam dunia pengidap penyakit diabetes mellitus. Diabetes mellitus meliputi dua tipe, yaitu diabetes mellitus I dan diabetes mellitus tipe II atau biasa dikenal dikalangan masyarakat dengan sebutan penyakit gula kering dan gula basa. Dengan begitu kita dapat dilakukan klaasifikasi yag dapat mengelompokan penyakit diabetes mellitus tipe I dan diabetes mellitus tipe II dengan metode analisis diskriminan yang mengambil sampel penelitian dari pasien penyakit metode diabetes mellitus di sebuah Rumah Sakit. Pada penelitian menggunakan analisis diskriminan ini menghasilkan persamaan D = 0,00(kons tan) + 58,336 = 2,336 dan ketepatan klasifikasi mencapai akurasi yang cukup tinggi dengan Hit Rasio 98,5% dan yang paling berpengaruh proses pengklasifikasian antara diabetes mellitus tipe I dan diabetes mellitus tipe II adalah variabel gula darah puasa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis Diskriminan, Diabetes Mellitus Tipe I dan Tipe II
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 10 Feb 2022 08:51
Last Modified: 10 Feb 2022 08:51
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13659

Actions (login required)

View Item View Item