Pelaksanaan pendidikann agama Islam dan pembinaan akhlak pada siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu al-Hijrah 2 Kec. Percut sei Tuan Deli Serdang (tinjauan dari segi metode dan evaluasi pembelajaran dan pembinaan)

Siregar, Muhammad Ali Mektisen (2016) Pelaksanaan pendidikann agama Islam dan pembinaan akhlak pada siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu al-Hijrah 2 Kec. Percut sei Tuan Deli Serdang (tinjauan dari segi metode dan evaluasi pembelajaran dan pembinaan). Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
TESIS ALI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)Bagaimana metode yang digunakan guru dalam memberikan Pendidikan Agama Islam pada siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Hijrah 2 Kec. Percut Sei Tuan Deli Serdang (2) Bagaimana metode yang digunakan guru dalam PembinaanAkhlak pada siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Hijrah 2 Kec. Percut Sei Tuan Deli Serdang (3) Bagaimana evaluasi yang digunakan guru dalam Pendidikan Agama Islam dan pembinaan akhlak pada siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Hijrah 2 Kec. Percut Sei Tuan Deli Serdang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Artinya data yang dikumpulkan bukan berupa angka-angka, melainkan data yang berasal dari hasil wawancara, observasi dokumen pribadi, catatan, memo dan dokumen resmi lainnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah Pengumpulan data, reduksi data penyajian data da kesimpulan. Teknik penjaminan keabsahan data dilakukan dengan pemeriksaan kepercayaan, pemeriksaan keteralihan dan pemeriksaan ketergantungan. Hasil penelitian ini adalah (1) Metode Yang digunakan Guru dalam Memberikan Pendidikan Agama Islam pada Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Hijrah 2 Kec. Percut Sei Tuan Deli Serdang tidaklah jauh berbeda dengan sekolah-sekolah lain. Yang mana metode yang di gunakan adalah menggunakan metode bercerita atau ceramah, bernyanyi, resitasi, praktek langsung dan juga Pembimbing I Pembimbinmg II Nama Tempat/ Tgl Lahir NIM Prodi Nama orang Tua Ayah Ibu : : : : : : : : Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam dan Pembinaan Akhlak Pada Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Hijrah 2 Kec. Percut Sei Tuan Deli Serdang ( Tinjauan dari Segi Metode dan Evaluasi Pembelajaran dan Pembinaan Akhlak) Prof. Dr. H. Haidar Putra Daulay, MA Dr. Hj. Masganti Sit. M.Ag Muhammad Ali Mektisen Siregar Tornatambang, 12 Mei 1990 91214033472 Pendidikan Islam (PEDI) Syamsuddin Siregar Derhanun Pohan ii berkelompok. (2) Metode Guru dalam Pembinaan Akhlak pada siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Hijrah 2 Kec. Percut Sei Tuan Deli Serdangadalah iii Setiap pagi diadakan apersepsi dilapangan maupun di kelas. Kemudian melalui proses pembiasaan. keteladanan, (dalam lingkungan sekolah), metode nasehat, bercerita, bernyanyi, sirah (kisah-kisah para Nabi), dan metode pembiasaan. Pada waktu pembelajaran guru terkadang memotong pembelajaran untuk memperbaiki sikap anak jika diperlukan. Karna dalam pandangan Guru di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Hijrah 2 Deli Serdang ini sikap anak lebih utama daripada nilai pelajaran. (3) Evaluasi yang Dibuat Guru dalam Pendidikan Agama Islam dan Pembinaan Akhlak pada Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Hijrah 2 Kec. Percut Sei Tuan Deli Serdang dalam bentuk laporan informasi dan bentuk instrumen. Sedangkan dalam evaluasi pembinaan akhlak, dengan melihat laporan kegitan anak yang berhubugan dengan infak, shalat, sedekah. Dan juga melihat Laporan Perkembangan Sikap dan Perilaku Siswa dan juga Bintang Ibadah dan Prestasinya.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 14 Mar 2017 02:36
Last Modified: 14 Mar 2017 02:36
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1364

Actions (login required)

View Item View Item