Komunikasi persuasif Himpunan Muda Mudi Islam Akbar (HIMMIA) dalam mengembangkan organisasi Remaja Mesjid di Kecamatan Medan Helvetia

Fharisi, Muhammad (2020) Komunikasi persuasif Himpunan Muda Mudi Islam Akbar (HIMMIA) dalam mengembangkan organisasi Remaja Mesjid di Kecamatan Medan Helvetia. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
Muhammad Fharisi Skripsi Akhir (1).pdf

Download (828kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk komunikasi persuasif HIMMIA dalam mengembangkan Remaja Masjid di Kecamatan Medan Hevetia.Media komunikasi yang digunakan HIMMIA pada saat proses komunikasi persuasif. Serta hambatan dan upaya yang dilakukan HIMMIA dalam mengembangkan Remaja Masjid di Kecamatan Medan Helvetia. Metode iyang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif. Karena penelitian ini menjelaskan fenomena yang terjadi di lapang dengan caramengumpulkan data-data yang diperoleh dari informan penelitian dengan caramelakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pendekatan yang digunakan yaitupendekatan ilmu komunikasi. Hasil penelitian yang ditemukan peneliti sebagai berikut, pada saat terjadi proses komunikasi persuasif, bentuk-bentuk komunikasi persuasif yang HIMMIAgunakan adalah bentuk komunikasi persuasif iklan dan dakwah. Media yangdigunakan HIMMIA yakni, media modern (elektronik/massa), media tradisional danmedia nonmasa. Hambatan yang dialami HIMMIA terbagi 2 (dua), yaitu hambatankomunikasi internal (persepsi, prasangka, perbedaan pendapat, perbedaan pengalaman) dan hambatan komunikasi persuasif eksteranl (media komunikasi, tempatkomunikasi dan waktu komunikasi). Secara implisit, semua upaya yang dilakukan HIMMIA untuk kebaikan kepada masyarakat khususnya pemuda dan remaja, dalam hal ini berkaitan dengan unsur dakwah yaitu amar makruf nahi mungkar dan merupakan pemberian motivasi dan menyampaikan hal-hal baik. Sehingga dari data yang peneliti dapatkan, komunikasi persuasif HIMMIA dalam mengembangkan remaja masjid baik namun belum maksimal. Hal ini dapat dilihat masih banyaknya masyarakat khususnya pemuda, remaja dan remaja masjid di wilayah Medan Helvetia yang belum tergabung dalam barisan HIMMIA maupun remaja masjid di wilayah Kecamatan Medan Helvetia.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Persuasif, Mengembangkan, HIMMIA dan Remaja Masjid
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.5 Organisasi > 2X6.53 Organisasi kepemudaan dan kemahasiswaan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 09 Feb 2022 06:44
Last Modified: 09 Feb 2022 06:44
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13632

Actions (login required)

View Item View Item