Pengenalan pola penyakit tanaman jagung pada daun menggunakan Gabor Wavelet dan Algoritma K-Means Clustering

Nurhasanah, Nurhasanah (2021) Pengenalan pola penyakit tanaman jagung pada daun menggunakan Gabor Wavelet dan Algoritma K-Means Clustering. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemajuan inovasi prosedur pengolahan citra berkembang pesat seiring dengan dihasilkannya strategi-strategi untuk pekerjaan manusia, baik sebagai pengolahan citra, analisis gambar maupun maksud dan tujuan yang berbeda. Salah satunya adalah morfologi tumbuhan yang berkonsentrasi pada bentuk dan desain tubuh tumbuhan.Tujuan dari penelitian ini adalah agar membuat sistem klasifikasi terhadap penyakit yang menyerang daun-daun jagung.Terdapat beberapa jenis penyakit yang ada di sistem ini yaitu : Penyakit Hawar daun (Helminthosporium turcicum), Bercak daun (Bipolaris maydis syn), Karat daun (Puccinia polysora) dan Bulai daun (Peronosclerospora maydis). Sebanyak 52 citra daun yang di pakai sebagai data untuk percobaan. Setiap gambar diubah menjadi informasi vektor menggunakan tapis wavelet Gabor.K-Means Clustering sebagai pendekatan untuk pengelompokkan penyakit pada data citra. Informasi/data dalam ulasan ini adalah informasi dalam bentuk vektor. Pengujian ini dilaluibeberapa tahap seperti preprocessing, clustering, dan tahapuji akurasi . Preprocessing menggabungkan saluran wavelet Gabor untuk mendapatkan informasi vektor dari gambar awal. Clustering dengan K-Means diterapkandengan menetapkan titik awal secara manual dan mengukur kecocokan menggunakan jarak Euclidean Distance. Tahap uji akurasi secara mandiri yaitudengan mengimbangi hasil dari sistem dan manual. Akurasi tertinggi sebesar 98% dari 51 data yang benar dengan menggunakan 52 data dengan Cluster label sebanyak 4 data.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penyakit jagung pada daun, Filter Gabor Wavelet, K-means Clustering, Euclidean Distance, Akurasi.
Subjects: 000 Generalities > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Ilmu Komputer > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 09 Feb 2022 04:41
Last Modified: 09 Feb 2022 04:41
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13628

Actions (login required)

View Item View Item