Analisis Semiotika Representasi Pelanggaran Kode Etik Public Relation Dalam Film The Ides Of March

Wandari, Anggy Ayu (2021) Analisis Semiotika Representasi Pelanggaran Kode Etik Public Relation Dalam Film The Ides Of March. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
ANGGY AYU WANDARI -SKRIPSI ANALISIS SEMIOTIKA REPRESENTASI PELANGGARAN KODE ETIK PUBLIC RELATION DALAM FILM THE IDES OF MARCH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Semiotika Representasi Pelanggaran Kode Etik Public Relation Dalam Film The Ides Of March”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Film The Ides Of March merepresentasikan unsur pelanggaran kode etik Public Relation berdasarkan standart kode etik International Public Relation Association (IPRA). Penelitian ini menggunakan teori representasi dan teori semiotika. Objek pada penelitian ini adalah adegan pada Film The Ides Of March. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik analisis semiotika Charles Sanders Pierce yang mengkaji mengenai tanda, objek sehingga memunculkan suatu interpretant. Berdasarkan temuan tersebut maka diperoleh tanda bahwa dalam film The Ides Of March tokoh Stephen telah melakukan pelanggaran kode etik IPRA. Dimana objek pelanggaran kode etik tersebut yaitu diantaranya, pelanggaran terhadap integritas dimana adanya tindakan yang tidak berlandaskan kejujuran, pelanggaran terhadap kerahasiaan informasi, adanya tindakan persaingan dan pemburuan, lalu tindakan mempengaruhi dan membujuk serta tindakan konflik kepentingan. Apabila diklasifikasikan maka sign (tanda) dalam film ini termasuk kedalam kategori sinsign, object-nya (acuan tanda) termasuk kedalam kategori symbol sedangkan interpretant-nya (penggunaan tanda) termasuk kedalam kategori argument.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Komunikasi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 18 Mar 2022 04:50
Last Modified: 18 Mar 2022 04:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13623

Actions (login required)

View Item View Item