Rahmah, Syarifah (2016) Modernisasi Dayah (studi kasus di Dayah Modern Yayasan Pendidikan Arun Lhokseumawe). Doctoral thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.
|
Text
Disertasi Syarifah R.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini mengkaji pergerakan modernisasi pendidikan Dayah dalam beberapa dekade terakhir. Objek utama penelitian ini dipusatkan pada Dayah Modern Yayasan Pendidikan Arun Lhokseumawe, yaitu sebuah dayah yang telah berhasil mengembangkan sistem pendidikan yang bertumpu pada peningkatan kualitas pendidikan dengan menggunakan pendekatan realitas spiritualitas kekinian, sehingga dipandang lebih berkembang dan relevan dengan perkembangan zaman dibandingkan dengan dayah-dayah lainnya di wilayah Kota Lhokseumawe dan Kabupaten Aceh Utara. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana memodernisasikan Pendidikan Dayah Modern Yayasan Pendidikan Arun Lhokseumawe.Terbagi dalam sub-sub rumusan masalah, sebagai berikut: (1) Faktor apa saja yang mempengaruhi modernisasi Dayah Modern Yayasan Pendidikan Arun Lhokseumawe; (2) Dalam bidang apa saja dilakukan modernisasi; (3) Apa saja kendala yang dihadapi para ustadz dan ustadzah dayah atau pengurusnya dalam menjalankan pendidikan dan bagaimana solusinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui rancangan model Studi Kasus. Teknik Pengumpulan data dilakukan melalui: (1) wawancara mendalam; (2) observasi partisipan; (3) studi dokumentasi; (4) penelusuran referensi. Informasi ini diperoleh dengan teknikpurposive sampling selanjutnya dipadukan dengan teknik snowball sampling. Wujud data adalah catatan, laporan dan dokumen yang diperoleh dari pimpinan dayah, direktur dayah, kepala sekolah, ustadz dan ustadzah, santri dan santriwati terpilih. Teknik analisis data dilakukan dengan cara: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan kriteria, yaitu: inductive analysis yaitu melihat informasi secara jelas serta triangulasi sumber data; (2) interim analisis melakukan analisis mendalam. Ada tiga temuan dari penelitian ini: Pertama;faktor terjadi modernisasi disebabkan tuntutan kekinian untuk peningkatan kualitas belajar dan hasil belajar para lulusan, serta upaya mewujudkan generasi yang siap dan terampil dalam menghadapi berbagi persoalan kekinian, mewujudkan visi-misi dayah, dalam rangka mempersiapkan generasi mandiri dan sebagai langkah profesionl dalam membantu percepatan pelaksanaan program pemerintah di bidang syariat Islam, serta membentuk keluarga sejahtera, aman, tenteram dan damai dalam rangka mewujudkan harapan hidup bahagia fi-āddunyawal-ākhirah. Kedua: terjadi modernisasi dalam manajemen dayah, sistem belajar, kurikulum yang digunakan, alat-alat bantu dan media belajar yang serba komputerisasi, sarana dan prasarana yang digunakan, sistem perekrutan tenaga pengajar, sarana-prasarana pendidikan yang serba lengkap termasuk tenaga medis dan rumah sakit, dilengkapi dengan laboratorium, serta sistem pelaporaan keuangan dayah yang transparansi dan akuntable. Ketiga: kendala utama yang dihadapi adalah saat dimulainyapendidikan Dayah Arun.Para santrinya lebih didominasi oleh warga komplek dan sebagian warga sekitar yang tingkatekonomi menengah ke atas. Solusinya pihak yayasan dan manajemen dayah melakukan kerjasama dengan lingkungan sekitar, khususnya dalam hal pemberian keringanan biaya kepada santri/calon santri berprestasi, sehingga biaya tidak lagi menjadi persoalan.
Jenis Item: | Skripsi (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Program Doktor > Disertasi Doktor |
Pengguna yang mendeposit: | Mr. Imran Benawi |
Date Deposited: | 13 Mar 2017 08:38 |
Last Modified: | 13 Mar 2017 08:38 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1362 |
Actions (login required)
View Item |