Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dan motivasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas VII SMP Swasta Hasanuddin Medan

J u l i a n i, J u l i a n i (2016) Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dan motivasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas VII SMP Swasta Hasanuddin Medan. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
TESIS - JULIANI (PEDI-A).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar PAI siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, (2) Perbedaan hasil belajar PAI siswa yang memiliki motivasi tinggi dan motivasi rendah, (3) Interaksi antara model pembelajaran dan motivasi terhadap hasil belajar PAI siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian quasy eksperimen dengan faktorial 2x2. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari 3 kelas yang berjumlah 104 siswa di Sekolah Menengah Pertama Swasta Hasanuddin Medan T.P. 2015/2016. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling. Sampel penelitian berjumlah 68 siswa dimana 34 siswa sebagai kelompok eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah dan 34 siswa sebagai kelompok yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Instrumen penelitian dengan menggunakan tes hasil belajar PAI dan tes motivasi belajar siswa. Data yang terkumpul diolah secara statistik dengan menggunakan teknik analisis varians (anova) dua jalur dengan menggunakan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar PAI siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dibandingkan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa menggunakan model berbasis masalah nilai rata-rata 82,65 dan model kooperatif tipe jigsaw nilai rata-rata 79,88. (2) Terdapat perbedaan hasil belajar PAI siswa yang memiliki motivasi tinggi dan rendah. Hasil belajar siswa dengan motivasi tinggi nilai rata-rata 81,77, motivasi rendah nilai rata-rata 80,00. (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi terhadap hasil belajar PAI siswa (Fhitung = 13,43 > Ftabel = 3,98).

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 13 Mar 2017 08:13
Last Modified: 13 Mar 2017 08:13
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1361

Actions (login required)

View Item View Item