Implementasi Perda Kota Pematang Siantar Nomor 11 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Sampah Ditinjau Dari Fiqh Siyasah (Studi Kasus Kota Pematang Siantar)

Fatimah, Fatimah and Purba, Zainal Arifin and Mashuri, Fahri (2021) Implementasi Perda Kota Pematang Siantar Nomor 11 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Sampah Ditinjau Dari Fiqh Siyasah (Studi Kasus Kota Pematang Siantar). Fakultas Syariah dan Hukum UINSU, Medan.

[img]
Preview
Text
penelitian fatimah dan zainal arifin purba.pdf - Other

Download (724kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana Implementasi peraturan daerah kota Pematang Siantar No.11 tahun 2012 tentang pengelolaan sampah di pasar tradisional yang ada di kota Pematang Siantar ditinjau dari Fiqh Siyasah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui cara pengelolaan sampah yang sesuai dengan Perda No.11 tahun 2012, faktor-faktor pendukung maupun penghambat dalam pengimplementasian Perda No. 11 tahun 2012 tentang pengelolaan sampah di Kota Pematang Siantar, Untuk mengetahui tinjauan Fiqih Siyasah terhadap Perda No. 11 tahun 2012. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian hukum yuridis empiris yaitu mengkaji ketentuan hukum yang berlaku dan dikaitkan dengan apa yang terjadi pada masyarakat, kemudian terjun langsung kelapangan melihat bagaimana penerapan peraturan tersebut, supaya lebih terperinci sehingga dapat dianalisis dan menginterprestasikan melalui data yang dikumpulkan oleh penulis dari berbagai pihak yang berkaitan. Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan tentang Implementasi Perda Kota Pematang Siantar No.11 tahun 2012 tentang Pengelolaan Sampah bahwa pelaksanaan pengelolaan sampah dan edukasi untuk menjaga kebersihan lingkungan sudah dilakukan dan dijalankan sejak diberlakukannya peraturan ini sampai sekarang. Akan tetapi pelaksanaan pengelolaan sampah ini masih kurang maksimal, hal ini diakibatkan dari kurangnya kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan, masyarakat masih banyak yang beranggapan bahwa untuk kebesihan lingkungan itu sepenuhnya tugas dari pemerintah khususnya Dinas Lingkungan Hidup

Jenis Item: Lainnya
Subjects: 2X4 FIQH
Divisions: Laporan Penelitian (Research Report)
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 08 Feb 2022 04:44
Last Modified: 08 Feb 2022 04:48
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13605

Actions (login required)

View Item View Item