Faktor - Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Lingkungan Bersih Pada Rumah Tangga Di Desa Kuala Idi Kecamatan Idi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur

Khairunnisa, Khairunnisa (2021) Faktor - Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Lingkungan Bersih Pada Rumah Tangga Di Desa Kuala Idi Kecamatan Idi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
b46a7e3b5ccc428795641488c6eb7533.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Laporan Puskesmas Idi Rayeuk Tahun 2020 menunjukkan bahwa di Desa Kuala Idi merupakan daerah dengan cakupan perilaku lingkungan bersih yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku lingkungan bersih pada rumah tangga di Desa Kuala Idi Kecamatan Idi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur. Hasil penelitian univariat menunjukkan 78% rumah tangga tidak berperilaku lingkungan bersih, 73,2% pengetahuan kurang baik, 70,7% petugas tidak berperan, dan 70,7% sarana dan prasarana tidak ada. Hasil analisis bivariat menunjukkan ada hubungan antara pengetahuan (Pvalue=0,000), peran petugas (Pvalue=0,000), sarana dan prasarana (Pvalue=0,000) dengan perilaku lingkungan bersih pada rumah tangga di Desa Kuala Idi Kecamatan Idi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengetahuan, peran petugas, dan sarana dan prasarana menjadi faktor yang berhubungan dengan perilaku lingkungan bersih pada rumah tangga di Desa Kuala Idi Kecamatan Idi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur. Disarankan bagi Desa Kuala Idi dapat bekerjasama dengan Puskesmas untuk dapat memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang pentingnya perilaku lingkungan bersih rumah tangga agar masyarakat terhindar dari berbagai penyakit dan melakukan kegiatan gotong royong sebulan sekali.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Personal Health & Safety
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 07 Feb 2022 05:09
Last Modified: 07 Feb 2022 05:09
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13594

Actions (login required)

View Item View Item