Pengaruh Konseling Individual Dengan Pendekatan Analisis Transaksional Terhadap Etika Berkomunikasi Siswa Madrasah Aliyah Nurul Hikmah Tinjowan Kecamatan Ujung Padang

Wardani, :Endah Kusuma (2018) Pengaruh Konseling Individual Dengan Pendekatan Analisis Transaksional Terhadap Etika Berkomunikasi Siswa Madrasah Aliyah Nurul Hikmah Tinjowan Kecamatan Ujung Padang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
skripsi endah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Etika Berkomunikasi adalah tata cara berkomunikasi yang baik terhadap sesama teman maupun orang yang lebih tua di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat. Orang tua dan guru juga mendapat peranan penting dalam membentuk etika berkomunikasi siswa yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang siswa kelas XI IPS 1 Madrasah Aliyah Nurul Hikmah Tinjowan dalam menerapkan Etika Berkomunikasi. Untuk mengetahui apakah ada pengaruh layanan konseling individual dengan pendekatan analisis transaksional terhadap etika berkomunikasi di kelas XI IPS 1 Madrasah Aliyah Nurul Hikmah Tinjowan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sebagai sampel dalam penelitian ini adalah lima orang siswa. Pengambilan sampel dengan cara Screening (penyaringan) nilai terendah. Kelas yang dipilih sebagai sampel merupakan kelas yang memiliki etika berkomunikasinya rendah dibandingkan kelas yang lain. Hal ini berdasarkan informasi dari guru BK pada observasi awal. Setelah dilakukan penelitian diperoleh hasil bahwa etka berkomunikasi siswa di sekolah mengalami peningkatan setelah diberikan layanan konseling individual dengan pendekatan analisis transaksional. Hasil perolehan nilai etika berkomunikasi siswa sebelum mengikuti layanan konseling individu dengan pendekatan analisis transaksional rata-rata= 73,26 dan setelah mengikuti layanan konseling individu dengan pendekatan analisis transaksional rata-rata= 93,4 dengan selisih 19,8 peningkatan etika berkomunikasi siswa tersebut, juga terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji non parametrik Wilcoxon di peroleh nilai signifikan pada taraf α=0,05 diperoleh sebesar 0, maka Jhitung>Jtabel =2,6>0, sehingga Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh layanan konseling individual dengan analisis transaksional terhadap etika berkomunikasi siswa kelas XI IPS 1 Madrasah Aliyah Nurul Hikmah Tinjowan Kecamatan Ujung Padang.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konseling Individual, Analisis Transaksional dan Etika Berkomunikasi Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 04 Feb 2022 09:08
Last Modified: 04 Feb 2022 09:08
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13578

Actions (login required)

View Item View Item