Hubungan Postur Kerja Dengan Keluhan Musculoskeletal Disorders (MSDs) Pada Pekerja Pembuat Pintu di Jl.Pahlawan Kota Medan

Pratiwi, Rani (2021) Hubungan Postur Kerja Dengan Keluhan Musculoskeletal Disorders (MSDs) Pada Pekerja Pembuat Pintu di Jl.Pahlawan Kota Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Rani Pratiwi skripsi.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Postur kerja merupakan titik penentu dalam menganalisis keefektifan dari suatu pekerjaan.. Musculoskeletal disorders (MSDs) merupakan suatu gangguan pada sistem musculoskeletal yang mengakibatkan gejala seperti nyeri akibat kerusakan pada nervus, dan pembuluh darah pada berbagai lokasi tubuh seperti leher, bahu, pergelangan tangan, pinggul, lutut, dan tumit. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan postur kerja dengan keluhan Musculoskeletal Disorders (MSDs) pada pekerja pembuat pintu di Jl.Pahlawan Kota Medan. Penelitian ini merupakan penelitian Observasional, dengan pendekatan cross sectional study. Adapun jumlah populasi yang ada di tempat penelitian ini sebanyak 50 orang pekerja, teknik pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling yaitu sebanyak 50 responden. Penilaian risiko postur kerja menggunakan metode ManTRA serta tingkat keluhan MSDs menggunakan kuesioner Nordic Body Map. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar (94%) responden beresiko mengalami keluhan (MSDs). Sedangkan seluruh (100%) responden merasakan keluhan MSDs pada bagian tubuh dari keluhan ringan hingga sangan sakit. Hasil uji statistik Chi-Square diperoleh nilai p= 0,006 yang berarti ada hubungan yang bermakna antara antara postur kerja berdasarkan bagian tubuh pergelangan tangan yang dirasakan responden dengan keluhan Musculoskeletal Disorders MSDs. Untuk mengurangi risiko postur kerja yang dapat menyebabkan keluhan MSDs, Pekerja pembuat pintu disarankan untuk melakukan gerakan streching sebelum melakukan aktivitas pekerjaan. Pekerja pembuat pintu disarankan untuk memanfaatkan jam istirahat dengan melakukan gerakan relaksasi otot sekitar 5-10 menit untuk memperlancar sirkulasi darah ke seluruh tubuh.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Postur Kerja, Keluhan Musculoskeletal Disorders (MSDs), ManTRA, Nordic Body Maap.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Personal Health & Safety
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 03 Feb 2022 04:01
Last Modified: 03 Feb 2022 04:01
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13542

Actions (login required)

View Item View Item