Analisis Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap UMKM Upaya Pemerintah dalam menyelamatkan UMKM di Masa Pandemi Covid 19 (Objek Penelitian UMKM Kota Medan)

Abdi, Mhd. Chairul (2021) Analisis Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap UMKM Upaya Pemerintah dalam menyelamatkan UMKM di Masa Pandemi Covid 19 (Objek Penelitian UMKM Kota Medan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
1. SKRIPSI MHD. CHAIRUL ABDI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pandemi Covid-19 yang muncul di akhir tahun 2019, menyebabkan ekonomi dunia kembali bergejolak termasuk ekonomi Indonesia. Dampak perlambatan ekonomi global juga dirasakan di dalam negeri. Mulai dari harga minyak bumi yang terjun bebas, serta harga komoditas lain seperti gas dan minyak kelapa sawit yang akan terus tertarik ke bawah. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap UMKM, Untuk melihat bagaimana Upaya Pemerintah dalam menyelamatkan UMKM di Masa Pandemi Covid 19 (Objek Penelitian UMKM Kota Medan), Untuk melihat Respon Pelaku UMKM terhadap kebijakan penyelamatan UMKM di Kota Medan? Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara pelaku UMKM di Kota Medan. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan maka dapat disimpulkan sebagai berikut, Dampak pandemi Covid 19 terhadap UMKM Kota Medan: Bahan baku yang lambat menyebabkan adanya beberapa kelangkaan bahan baku yang digunakan untuk membuat produk UMKM. 1) Terjadinya penurunan terhadap pendapatan, 2) Penurunan permintaan dan penjualan produk, 3) Pengurangan Karyawan, 3) kesulitan untuk melakukan angsuran bank. Sedangkan Upaya pemerintah dalam menyelamatkan UMKM di masa Pandemi Covid 19 yaitu Penurunan pendapatan dan eksistensi UMKM pelan-pelan telah mengalami penurunan yang sangat drastis. Upaya pemerintah dalam menyelamatkan UMKM dengan mengeluarkan beberapa Program di antaranya: bantuan Uang tunai sebesar 2,4 juta setiap UMKM, penundaan cicilan dan bunga Bank selama 6 bulan, e-Katalog dan kakak asuh UMKM.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dampak, Covid 19, Upaya Pemerintah, UMKM
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 03 Feb 2022 03:44
Last Modified: 03 Feb 2022 03:44
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13533

Actions (login required)

View Item View Item