Poblematika Alumni PAI sebagai guru kelas di Madrasah Ibtidaiyah sekecamatan Pangkalan Susu Kabupaten Langkat

Afreni, Roys (2017) Poblematika Alumni PAI sebagai guru kelas di Madrasah Ibtidaiyah sekecamatan Pangkalan Susu Kabupaten Langkat. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
Tesis FIX.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berkenaan dengan adanya fenomena alumni Pendidikan Agama Islam yang menjadi guru kelas di Madrasah Ibtidaiyah sekecamatan Pangkalan Susu. Tujuan penelitain ini untuk megetahui: 1) Problematika alumni PAI sebagai guru kelas dalam merencanakan pembelajaran. 2) Problematika alumni PAI sebagai guru kelas dalam melaksanakan pembelajaran. 3) Problematika alumni PAI sebagai guru kelas dalam melakukan evaluasi pembelajaran. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subyek penelitian adalah alumni Pendidikan Agama Islam yang telah menjadi guru kelas. Hasil penelitian bahwa problematika alumni PAI sebagai guru kelas Madrasah Ibtidaiyah dalam merencanakan pembelajaran di kecamatan Pangkalan Susu kabupaten Langkat, adalah masih mengalami kesulitan untuk membuat perencanaan pembelajaran secara mandiri. Disamping itu ketiga Madrasah Ibtidaiyah ini juga belum memiliki perpustakaan yang dapat menyediakan buku-buku yang mumpuni untuk bisa dijadikan sebagai sumber belajar. Sedangkan dalam melaksanakan pembelajaran adalah kesamaan guru dalam metode pembelajaran dan kurangnya penguasaan materi. Hal ini disebabkan kurangnya pengetahuan mereka tentang variasi metode pembelajaran dan kurangnya penguasaan materi. Dipihak lain jarangnya guru-guru ini mengikuti pelatihan, seminar, workshop yang dapat memberikan informasi untuk pengembangan bagi profesi mereka. Adapun dalam melakukan evaluasi pembelajaran adalah belum memenuhi prosedur penilaian. Hal ini disebabkan guru belum memahami betul cara penyusunan RPP

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Uncontrolled Keywords: Problematika, Alumni Pendidikan Agama Isla
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.38 Pendidikan tinggi (universitas, institut, sekolah tinggi, akademi)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 31 Jan 2022 07:54
Last Modified: 27 Apr 2022 05:07
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13504

Actions (login required)

View Item View Item