Hukum jual beli papan yang tidak sesuai dengan pesanan Perspektif Sayyid Sabiq(Studi Kasus Desa Purba Baru Kecamatan Lembah Sorik MerapiKabupaten Mandailing Natal)

Batubara, Ansori Ahmad (2020) Hukum jual beli papan yang tidak sesuai dengan pesanan Perspektif Sayyid Sabiq(Studi Kasus Desa Purba Baru Kecamatan Lembah Sorik MerapiKabupaten Mandailing Natal). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
Ansor.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penulis memberikan judul penelitian ini adalah “ HUKUM JUAL BELI PAPAN YANG TIDAK SESUAI DENGAN PESANAN PERSPEKTIF SAYYID SABIQ ( Studi Kasus Di Desa Purba Baru Kecamatan Lembah Sorik Merapi Kabupaten Mandailing Natal)”. Skripsi ini membahas tentang tidak sesuai pesanan prespektif Sayyid Sabiq. Dalam penelitian ini terdapat tidak sesuai dengan barang yang dipesan, seharusnya barang yang dipesan adalah kualitas bagus tapi kenyataannya barang yang datang adalah kualatas rendah. Penelitian ini merumuskan bagaimana pelaksanaan jual beli papan tidak sesuai dengan pesanan di desa purba baru, bagaiman hukum jual beli papan tidak sesuai dengan pesanan perspektif Sayyid Sabiq. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui pelaksanaan jual beli papan tidak sesuai dengan pesanan di desa Purba Baru, untuk mengetahui hukum jual beli papan tidak sesuai dengan pesanan perspektif Sayyid Sabiq. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu berupa penelitian lapangan (Field Research). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan pelaksanaan jual beli papan terdapat unsur gharar yang ditinjau dari kandungannya karena ketidakjelasan yang terdapat pada objek barang yang ditransaksikan (al majhul) sesuatu yang tidak jelas atau barang kualitas rendah, dilihat dari pendapat Sayyid Sabiq, ia mengatakan jika hanya satu orang yang mengetahuinya maka jual belinya batal dan tidak sah karena terdapat unsur ketidakpastian dan ketidakjelasan (gharar) dan penipuan sehingga konsumen atau pembeli banyak yang dirugikan oleh tingkah pelaku usaha, maka dari itu jual beli ini dilarang

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.21 Jual beli
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 31 Jan 2022 07:21
Last Modified: 31 Jan 2022 07:21
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13500

Actions (login required)

View Item View Item