Kinerja Guru Pembimbing Dalam Mewujudkan Mental Hygiene Pada Anak Tunagrahita Di SDLB N 017700 Kisaran

Daulay, Sri Dewiana (2021) Kinerja Guru Pembimbing Dalam Mewujudkan Mental Hygiene Pada Anak Tunagrahita Di SDLB N 017700 Kisaran. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Sri Dewiana Daulay.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: Pertama, untuk mengetahui Kinerja Guru Pembimbing dalam mewujudkan mental hygiene pada Anak Tunagrahita di SDLB N 017700 Kisaran. Kedua, untuk mengetahui kondisi Objektif mental hygiene pada Anak Tunagrahita di SDLB N 017700 Kisaran. Ketiga, untuk mengetahui upaya yang dilakukan Guru Pembimbing dalam mewujudkan mental hygiene pada Anak Tunagrahita di SDLB N 017700 Kisaran. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Informan penelitian ini ada 3 (tiga) informan, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi data yang kemudian di analisis dengan menggunakan analisis kualitatif, yaitu reduksi data, model data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kinerja yang dilakukan guru pembimbing dalam mewujudkan mental hygiene pada anak tunagrahita di SDLB N 017700 Kisaran adalah membentuk program pengembangan diri pada anak tunagrahita agar memiliki mental yang sehat. (2) Upaya yang dilakukan guru pembimbing terfokus pada siswa yang memiliki mental tidak sehat dan dalam proses pengembangan diri diadakan nya assesmen terlebih dahulu terhadap anak tunagrahita. (3) Kondisi objektif mental hygiene anak tunagrahita di SDLB N 017700 Kisaran masih berada didalam keadaan yang tidak tentram dan tenang karena masih kurang menikmati kehidupan sehari-harinya, belum bisa menghargai orang lain. Anak tunagrahita di SDLB N 017700 Kisaran juga belum mampu melaksanakan sesuatu untuk mencapai kesehatan mentalnya, karena ketergantungan mereka terhadap orang lain.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 27 Jan 2022 08:09
Last Modified: 27 Jan 2022 08:09
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13470

Actions (login required)

View Item View Item