Akuntabilitas Dan Transparansi Pengelolaan Alokasi Dana Desa Dalam Pembangunan Desa (Studi Kasus Pada Kecamatan Singkil Kabupaten Aceh Singkil)

Anggini, Fudya Oktri (2020) Akuntabilitas Dan Transparansi Pengelolaan Alokasi Dana Desa Dalam Pembangunan Desa (Studi Kasus Pada Kecamatan Singkil Kabupaten Aceh Singkil). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FINAL FUDYA OKTRI ANGGINI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan akuntablitas dan transparansi pengelolaan alokasi dana desa di desa kecamatan singkil kabupaten aceh singkil. Metode pendekatan dalam penelitian ini adalah deskriftif kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer yang diperoleh dengan wawancara serta observasi langsung dan data sekunder diperoleh dari dokumen yang berkaitan. Lokasi penelitian ini bertempat di tiga desa yang ada pada kecamatan singkil yaitu desa kilangan, desa ujung dan desa pasar singkil kecamatan singkil kabupaten aceh singkil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan alokasi dana desa dalam pembangunan desa di desa kecamatan singkil mulai dari akuntabilitas hingga transparansi untuk tahun 2017 dan 2018 terjadi perbedaan hasil terhadap satu desa. Hal tersebut dibutikan pada desa ujung dan pasar untuk tingkat akuntabilitas dan transparansi sudah cukup baik dengan diterapkannya prinsip akuntabilitas yaitu transparan, partisipasi, akuntabel, tertib dan disiplin anggaran. kemudian pelaksanaan transparansi sesuai dengan mekanisme sistem keterbukaan, mekanisme dalam memfasilitasi pertanyaan-pertanyaan masyarakat kepada pemerintah desa, dan mekanisme dalam pelaporan. Namun pada desa kilangan hal tersebut belum sepenuhnya terpenuhi pada tahun 2017. Hal tersebut dikarenakan kurangnya pemerintah menerapkan prinsip akuntabilitas dan transparansi desa dengan tidak sepenuhnya melibatkan masyarakat kilangan dalam pengelolaan alokasi dana desa. Akan tetapi pada tahun 2018 sudah cukup baik. Walaupun masih banyak kekurangan dalam pengelolaan alokasi dana desa, baik dalam penerapan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan alokasi dana desa namun pemerintah desa berusaha untuk sebaik mungkin dalam pembangunan desa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 27 Jan 2022 06:45
Last Modified: 27 Jan 2022 06:45
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13462

Actions (login required)

View Item View Item