Peran Program Adiwiyata dalam Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Siswa di MTsN 2 Deli Serdang

Padhli, Dzul (2021) Peran Program Adiwiyata dalam Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Siswa di MTsN 2 Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI (2).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan program adiwiyata dalam membentuk karakter peduli lingkungan siswa di MTsN 2 Deli Serdang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriftif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Perencanaan program adiwiyata di MTsN 2 Deli Serdang. 2) Penerapan program adiwiyata di MTsN 2 Deli Serdang. 3) Karakter siswa terhadap peduli lingkungan di MTsN 2 Deli Serdang. Hasil dalam penelitian ini mengungkapkan bahwa (1) Dalam mengimplementasikan adiwiyata di MTsN 2 Deli Serdang dibutuhkan persiapan dan perencanaan yang matang yaitu melalui: a) Rapat kerja, briefing, sosialisasi dan seminar/workshop program adiwiyata sekolah. b) Menyusun RKAS untuk program Adiwiyata. c) Mempersiapkan kurikulum berbasis pendidikan lingkungan hidup. (2) Ada beberapa kegiatan yang harus dilakukan dalam mengimplementasikan program Adiwiyata di MTsN 2 Deli Serdang yaitu: a) Mewujudkan kebijakan berwawasan lingkungan, b) Menerapkan kurikulum berbasis lingkungan, c) Melaksanakan kegiatan program berbasis lingkungan melalui kegiatan aksi lingkungan, kegiatan demo peduli lingkungan melalui karya, memberlakukan program sekolah hijau, kegiatan ekstrakulikuler peduli lingkungan, d) Mengelola sarana pendukung ramah lingkungan, e) Melakukan usaha sekolah yang melibatkan siswa. (3) Pelaksanaan program Adiwiyata di MTsN 2 Deli Serdang sudah berhasil membentuk karakter peduli lingkungan peserta didik walaupun belum mencapai 100%. Adapun gambaran peserta didik yang memiliki karakter peduli lingkungan adalah mengamalkan nilai-nilai Islam dan memiliki kesadaran penuh akan pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Strategi yang dilakukan madrasah dalam menumbuhkan budaya peduli lingkungan peserta didik adalah dengan menanamkan kebiasaan cinta lingkungan secara terus menerus sehingga memiliki budaya adiwiyata.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Program Adiwiyata, Pendidikan Karakter dan Karakter Peduli Lingkungan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 27 Jan 2022 05:44
Last Modified: 27 Jan 2022 05:44
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13459

Actions (login required)

View Item View Item