Hubungan latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja guru dengan kreativitas mengajar di MIN Kecamatan Marbau Kabupaten Labuhan Batu Utara

Sitompul, Bakaruddin (2016) Hubungan latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja guru dengan kreativitas mengajar di MIN Kecamatan Marbau Kabupaten Labuhan Batu Utara. Masters thesis, Pascasarjana UIN-SU.

[img]
Preview
Text
Tesis Bakaruddin S.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya:(1) hubungan antara latar belakang pendidikan dengan Kreativitas mengajar di MIN Kecamatan Marbau Kabupaten Labuhan Batu Utara, (2) hubungan antara Pengalaman kerja guru dengan kreativitas mengajar di MIN Kecamatan Marbau Kabupaten Labuhan Batu Utara. Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif dengan metode deskriptif dan korelasi. Instrumen yang digunakan untuk mengukur variabel penelitian adalah angket model skala Likert. Populasi adalah penelitian ini seluruh guru MIN Aek Hitetoras dan seluruh guru MIN Babussalam. Jumlah guru yang berada di sekolah MIN Aek Hitetoras berjumlah 14 orang dan guru MIN Babussalam berjumlah 16 orang. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 30 orang. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah seluruh jumlah populasi yaitu 30 orang guru. Alat pengumpul data menggunakan kuesioner berbentuk angket yang disusun berdasarkan indikator variabel dan diperiksakan kepada pembimbing tesis, selanjutnya diujicobakan kepada responden yang bukan sampel penelitian. Hasil uji coba intrumen (angket) menunjukkan bahwa seluruh instrumen adalah valid dan reliabel. Dalam penelitian ini terdapat dua temuan; yaitu: Pertama; terdapat hubungan yang signifikan antara latar belakang pendidikan guru dengan kreativitas mengajar. Besarnya hubungan antara variabel latar belakang pendidikan guru dengan kreativitas mengajar adalah 0,872 pada taraf alpha 5%. Hal di atas menunjukkan bahwa jika latar belakang pendidikan guru bagus/baik maka semakin bagus/baik pula kreativitas mengejar guru. Demikian pula sebaliknya, bahwa apabila latar belakang pendidikan guru tidak bagus/tidak baik maka semakin jelek/buruk kreativitas mengajar guru. Kedua; terdapat hubungan yang sangat signifikan antara pengalaman kerja guru dengan kreativitas mengajar. Besarnya hubungan antara variabel pengalaman kerja dengan kreativitas mengajar adalah 0,891 pada taraf alpha 5%. Hal ini juga membuktikan bahwa jika pengalaman kerja guru sudah lama maka semakin bagus/ baik kreativitas guru mengajar. Demikian juga sebaliknya, bahwa apabila pengalaman kerja guru belum lama atau dalam artian masih baru, maka semakin jelek/tidak bagus kreativitas mengajar guru. Berdasarkan kedua temuan di atas dapat diambil suatu kesimpulan bahwa latar belakang pendidikan guru berhubungan secara signifikan dengan kreativitas mengajar guru di sekolah Madrasah Ibtidaiyah Negeri kedua sekolah tersebut. Kemudian disamping itu juga dapat diambil kesimpulan yang kedua bahwa pengalaman kerja guru berhubungan secara signifikan dengan kreativitas mengajar guru di sekolah Madrasah Ibtidaiyah Negeri kedua sekolah tersebut..

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 22 Mar 2017 06:26
Last Modified: 22 Mar 2017 06:26
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1345

Actions (login required)

View Item View Item