Kedudukan Shalat Makmum Sendirian Di Belakang Shaf Menurut Ibnu Qudamah dan Imam An-Nawawi (Analisis Pandangan Komisi Fatwa MUI Kota Medan)

Hasibuan, Alwi Sobri (2021) Kedudukan Shalat Makmum Sendirian Di Belakang Shaf Menurut Ibnu Qudamah dan Imam An-Nawawi (Analisis Pandangan Komisi Fatwa MUI Kota Medan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
skripsi ALWI HSB 2021 - Asli-dikonversi.pdf

Download (954kB) | Preview

Abstract

Shaf merupakan bagian dari shalat berjam’ah baik dikerjakan di masjid maupun di rumah. Shaf adalah barisan shalat berjama’ah yang dilakukan secara lurus dan rapat agar terjadinya kesempurnaan shalat berjama’ah. maksud dari merapatkan shaf adalah agar tidak membiarkan adanya celah bagi setan dan bukan berdesak-desakan. Karena untuk mencapai kesempurnaan shalat para ulama pun berbeda pendapat dalam shalat makmum sendiri di belakang shaf yaitu apabila shaf pertama sudah penuh lalu datang seorang masbuk lalu ia shalat sendiri di belakang shaf pertama, bagaimana hukumnya? Masalah shalat makmum shalat sendiri di belakang shaf ada yang berpendapat hukumnya makruh dan ada yang hukum tidak sah, sehingga penulis tertarik untuk melakukan penelitian dari pendapat-pendapat ulama yaitu Ibnu Qudamah dan Imam An-Nawawi dan melakukan analisis pendapat MUI Kota Medan yang diwakili oleh Komisi Fatwa MUI Kota Medan. Dari dua ulama tersebut Ibnu Qudamah berpendapt hukumnya tidak sah dan wajib menulangi shalat nya sedangkan Imam An-Nawawi berpendapat hukumnya makruh dan shalatnya tetap sah. Dan para Komisi Fatma MUI Kota Medan pun sepakat dengan pendapat Imam An-Nawawi, penulis mengambil kesimpulan bahwa shalat makmum sendiri di belakang shaf hukumnya makruh dan shalatnya tetap sah mengikuti pendapat Imam An-Nawawi yang bermazhab Syafi’i karena mayoritas masyarakat muslim kota medan bermazhab syafi’i.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.1 Ibadah > 2X4.12 Shalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Mazhab > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 26 Jan 2022 08:38
Last Modified: 26 Jan 2022 08:38
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13446

Actions (login required)

View Item View Item