Peran Muslimah Penenun Kain Ulos Batak Dalam Meningkatakan Kesejahteraan Keluarga Di Desa Pahae Aek Sagala Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan

Siregar, Jamal Abdul (2021) Peran Muslimah Penenun Kain Ulos Batak Dalam Meningkatakan Kesejahteraan Keluarga Di Desa Pahae Aek Sagala Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Jamal Abdul Nasir Siregar.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat bagaimana Peran Muslimah Penenun Kain Ulos Batak Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Di Desa Pahae Aek Sagala. Pokok masalah tersebut Diuaraikan kedalam beberapa submasalah, yaitu : 1. Bagaimana peran muslimah dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga di Desa Pahae Aek Sagala Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan. 2. Bagaimana tantangan yang dihadapi Muslimah Penenun Kain Ulos Batak Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Di Desa Pahae Aek Sagala. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dokumentasi.. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan sosiologi dan kesejahteraan Sosial. Teknik pengolahan data analisis data dengan melalui tiga tahapan yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran perempuan penenun kain Ulos Batak dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga dari aspek ekonomi yaitu sangat membantu dalam menutupi kebutuhan sehari-hari keluarganya juga mempertahankan dan menjaga kelangsungan hidup keluarganya. Peran ibu dalm rumah tangga mempunyai peranan penting dalam perekonomian keluarga, selain sebagai pendidik anak, sebagai pengolah keluarga, ibu juga berperan dalam menafkahi kebutuhan keluarga.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.9 Adat istiadat
300 Social sciences > 350 Public administration > 351 Of central governments
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 26 Jan 2022 07:27
Last Modified: 26 Jan 2022 07:27
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13432

Actions (login required)

View Item View Item