Hubungan Karakteristik Individu, Faktor Lingkungan Dan Perilaku Dengan Kejadian Demam Berdarah Dengue Di Wilayah Kerja Puskesmas Tanjung Marulak Kota Tebing Tinggi

Harahap, Amalia Rahmah (2021) Hubungan Karakteristik Individu, Faktor Lingkungan Dan Perilaku Dengan Kejadian Demam Berdarah Dengue Di Wilayah Kerja Puskesmas Tanjung Marulak Kota Tebing Tinggi. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Amalia Rahmah Harahap_Fakultas Kesehatan Masyarakat.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Demam berdarah dengue masih menjadi persoalan kesehatan masyarakat yang serius di Indonesia. Jumlah kasus DBD di Kota Tebing Tinggi semakin tinggi setiap tahunnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara karakteristik individu, faktor lingkungan dan perilaku dengan kejadian DBD di wilayah kerja Puskesmas Tanjung Marulak Kota Tebing Tinggi. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode studi analitik dengan menggunakan desain studi kasus-kontrol. Analisis data penelitian dengan uji chi-square. Penelitian ini dilakukan di Wilayah Kerja Puskesmas Tanjung Marulak Kota Tebing Tinggi. Pada waktu Januari – Agustus 2021. Populasi penelitian ini terdiri dari 1.457 rumah tangga. Sampel penelitian ini berjumlah 177 responden. Teknik Pengambilan sampel pada kasus menggunakan total samplingdan teknik pengambilan sampel kontrol menggunakan matching jenis kelamin. hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara nilai umur (p value = 0,001)dengan OR 9,429 dan pekerjaan dengan nilai p = 0,001 (p> 0,05) dan OR 4,584 dengan kejadian DBD. Diharapkan dapat meningkatkan kinerja dalam pelaksanaan upaya penanggulangan DBD serta membantu menetapkan kebijakan serta strategi operasional yang efisien dan efektif dalam pelaksanaan pengendalian DBD di masyarakat.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 301 Sociology and anthropology
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 26 Jan 2022 04:24
Last Modified: 26 Jan 2022 04:24
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13420

Actions (login required)

View Item View Item