Analisis Peran Bank Syariah Mandiri Kcp Perbaungan Dalam Pemberdayaan Usaha Kerajinan Purun Di Desa Cinta Air Kecamatan Perbaungan

Ulfa, Arbia (2021) Analisis Peran Bank Syariah Mandiri Kcp Perbaungan Dalam Pemberdayaan Usaha Kerajinan Purun Di Desa Cinta Air Kecamatan Perbaungan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.ARBIA ULFA_FULL.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Desa Cinta Air merupakan salah satu wilayah didaerah Serdang Bedagai kec.Perbaungan Sumatera Utara. Sebagian besar penduduknya merupakan sub sektor kerajinan, salah satunya adalah purun. Industri purun ini dapat membantu perekonomian masyarakat setempat yang ada di Desa Cinta Air. Bank Syarah Mandiri KCP.Perbaungan sangat berperan dalam pembiayaan dengan akad murabahah dan ijarah membantu dalam permodalan usaha kerajinan purun didesa Cinta Air kec.Perbaungan. Penelitian ini bertujuan untuk pertama, mengetahui peranan bank syariah mandiri dalam pemberdayaan usaha kerajinan purun. Dan kedua, untuk mengetahui penerapan akad yang digunakan dalam pemberdayaan usaha pengembangan kerajinan purun di Desa Cinta Air Kec.Perbaungan. Pendekatan penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pertama, proses pemberdayaan yang dilakukan Bnak Syariah 90% sudah menjalankan tahapan syarat sesuai dengan ketentuan sesuai dengan akad yang digunakan yaitu Murabahah dan Ijarah. Kedua Permberdayaan pada masyarakat pengrajinpurun 80% membawa dampak positif bagi kesejahteraan ekonomi nasabah pengrajin purun di Desa Cinta Air Kec.Perbaungan karena mereka yang ingin mengembangkan usahanya menjadi terbantu dengan adanya pembiayaan pada Bank Syariah Mandiri, walaupun ada sebagian nasabah yang tidak memanfaatkan pembiayaannya dengan baik karena kurang maksimalnya peranan bank syariah dalam pemberdayaan usaha kerajinan purun di Desa Cinta Air Kec.Perbaungan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 651 Office services
700 The arts > 740 Drawing and decorative arts > 746 Textile arts
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 26 Jan 2022 03:50
Last Modified: 26 Jan 2022 03:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13418

Actions (login required)

View Item View Item