Hubungan Pengetahuan, Sikap, Tindakan Dan Penggunaan Masker Dengan Kejadian Penyakit Ispa Di Tpa (Tempat Pemrosesan Akhir) Terjun Kecamatan Medan Marelan

Harahap, Anjeli Larasati (2021) Hubungan Pengetahuan, Sikap, Tindakan Dan Penggunaan Masker Dengan Kejadian Penyakit Ispa Di Tpa (Tempat Pemrosesan Akhir) Terjun Kecamatan Medan Marelan. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA.

[img]
Preview
Text
anjeli larasati harahap skripsi FIX-dikonversi.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penyakit ISPA merupakan gangguan kesehatan yang bisa menyebabkan kematian. Kurangnya pengetahuan, sikap dan tindakan yang buruk, serta penggunaan masker yang tidak baik dapat menyebabkan angka kejadian ISPA tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan, sikap, tindakan, dan penggunaan masker terhadap kejadian penyakit ISPA di TPA (Tempat Pemrosesan Akhir) Terjun Kecamatan Medan Marelan. Penelitian ini menggunakan metode crosssectional. Populasi penelitian ini adalah masyarakat yang tinggal di sekitar TPA. Pemilihan sampel menggunakan rumus Slovin diperoleh 100 sampel..Uji statistic menggunakan chi-square dengan bantuan software komputer. Lokasi penelitian di TPA Terjun dan penelitian dilaksanakan dari bulan Maret-Agustus 2021..Berdasarkan hasil penelitian jumlah responden yang terkena Ispa 55 responden dan tidak Ispa 45 responden, responden pengetahuan kurang 58 responden dan pengetahuan baik 42 responden, responden yang sikapnya kurang sebanyak 57 responden dan dengan sikap baik 43 responden, responden dengan tindakan yang kurang 53 responden dan tindakan baik 47 responden serta responden yang tidak disiplin menggunakan masker sebanyak 61 responden dan yang disiplin menggunakan masker sebanyak 39 orang. Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan pengetahuan, sikap, tindakan, dan penggunaan masker dengan kejadian penyakit ISPA (p = 0,000 < a = 0,05).

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Personal Health & Safety
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 26 Jan 2022 05:01
Last Modified: 26 Jan 2022 05:01
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13417

Actions (login required)

View Item View Item