Sistem Penegakan Hukum Pencurian Kelapa Sawit Dalam Perspektif Perdamaian Adat Dan Hukum Pidana Islam (Studi Kasus Kec. Barumun Tengah, Kab. Padang Lawas)

Siregar, Bangun Tua Panusunan (2021) Sistem Penegakan Hukum Pencurian Kelapa Sawit Dalam Perspektif Perdamaian Adat Dan Hukum Pidana Islam (Studi Kasus Kec. Barumun Tengah, Kab. Padang Lawas). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
skripsi Bangun Tua Panusunan FIXX.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Sistem Penegakan Hukum Pencurian Kelapa Sawit Dalam Perspektif Perdamaian Adat Dan Hukum Pidana Islam(Studi Kasus Kec. Barumun Tengah, Kab. Padang lawas), Timbulnya kejahatan yang modusnya semakin canggih membuat masyarakat menjadi resah disebabkan seringnya kehilangan Buah Kelapa Sawit itu sendiri, disamping karena dalam penanganan atau penyelesaiannya secara kekeluargaan dengan aparatur Desa dirasa kurang efektif, Metode yang digunakan untuk penelitian ini menggunakan pendekatan study lapangan dan study kepustakaan. Sumber data yang diperoleh dari sumber data primer didapat dari hasil wawancara, dan sumber data sekunder didapat dari bahan-bahan sumber al-qur‟an, buku Fiqh Jinayah, dan KUH Pidana pasal 362. Kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu menjelaskan semua yang ada pada pokok-pokok permasalahan secara tegas berdasarkan rumusan masalah dan disimpulkan secara induktif.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penyelesaian tehadap tindak pidana pencurian dengan cara bermusyawarah, ganti kerugian atas barang yang dicuri, kerja sosial dan menandatangani surat perjanjian, apabila pelaku mengulangi pebuatanya maka akan langsung dibawa ke kantor polisi untuk di proses sesuai dengan Hukum Pidana Indonesia yang berlaku.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.5 Hukum Pidana/Jinayat > 2X4.51 Pencurian
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Jinayah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 26 Jan 2022 03:35
Last Modified: 26 Jan 2022 03:35
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13416

Actions (login required)

View Item View Item