Tor-tor Pernikahan (Horja Godang) Tradisi Adat Angkola Dalam Perspektif Alquran Surah Albaqarah : 170 (Studi Analisis Adat Tor-tor di Gunung Tua Desa Aek Jangkang Kecamatan Padang Bolak Kecamatan Padang Lawas Utara)

Harahap, WildaYati (2021) Tor-tor Pernikahan (Horja Godang) Tradisi Adat Angkola Dalam Perspektif Alquran Surah Albaqarah : 170 (Studi Analisis Adat Tor-tor di Gunung Tua Desa Aek Jangkang Kecamatan Padang Bolak Kecamatan Padang Lawas Utara). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
WILDA HARAHAP.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk Mengetahui dan memahami asal-usul pernikahan tor-tor adat Angkola di Gunung Tua-Aek Jangkang, Paluta. 2)Untuk mengetahui bagaimana pandangan masyarakat terhadap pernikahan tor-tor (horja godang), 3)Untuk Mengetahui pandangan Ayat Q.S Albaqarah : 170 tentang Adat Istiadat tor-tor. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif, Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sebagai informan dalam, penelitian ini adalah Kepala Desa Aek Jangkang, Sekretaris Desa Aek Jangkang, Tokoh Adat dan Masyarakat. Tekhnik pengumpulan data penelitian menggunakan metode penelitian yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Tekhnik penjamin keabsahan data yaitu dengan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwaPengguna tor-tor dalam upacara adat perkawinan pada masa sekarang ialah mereka yang merasa dirinya adalah keturunan raja-raja adat. Apabila pun tidak begitu halnya, mereka adalah golongan orang-orang yang terbilang sangat mampu (kaya) sehingga mereka bisa melangsungkan acara di gedung dikarenakan juga sudah sangat jarang didapatkan halaman bolak dalam melangsungkan upacara adat perkawinan. Kesimpulanbahwa di dataran tinggi adat Angkola, terutama di kawasan Angkola Julu, terdapat banyak tor dan masing-masing memiliki nama sendiri. Kalau diperhatikan istilah “tor tu tor” tersebut, juga dapat mengandung pengertian yang melukiskan suatu keadaan atau hal-hal tertentu.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Masyarakat, Tor-tor (Horja Godang).
Subjects: 2X1 AL QURAN DAN ILMU TERKAIT > 2X1.3 Tafsir Al-Quran
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Ilmu Al-quran dan Tafsir > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 25 Jan 2022 08:03
Last Modified: 25 Jan 2022 08:03
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13405

Actions (login required)

View Item View Item