Implementasi Terapi Ruqyah Dalam Menyembuhkan Pasien Gangguan Jiwa Ringan Di Pondok Pesantren Zakiyun Najah Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah

Najah, Syafinatun (2021) Implementasi Terapi Ruqyah Dalam Menyembuhkan Pasien Gangguan Jiwa Ringan Di Pondok Pesantren Zakiyun Najah Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Syafinatun Najah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sering kali penyebab gangguan jiwa tidak dapat dijelaskan penyebabnya, setelah dilakukan penelitian ternyata gangguan jiwa disebabkan oleh lemahnya iman, kurangnya dzikrullah dan kurangnya meminta pertolongan serta perlindungan Allah SWT dengan selalu mengingat-Nya melalui berdo’a dan mendekatkan diri secara khusyu kepada-Nya salah satunya dengan melakukan terapi ruqyah. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian field research (penelitian lapangan), dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Peneliti harus memaparkan dengan jelas dan terperinci suatu peristiwa, gejala kejadian yang terjadi di lingkungan masyarakat yang dituangkan kedalam tulisan berbentuk naratif. Dalam penelitian ini sumber data yang digunakan penulis yaitu sumber data primer dan sekunder, kemudian metode dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan triangulasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, data display, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi terapi ruqyah yang dilakukan dalam menyembuhkan pasien gangguan jiwa ringan di Pondok Pesantren Zakiyun Najah Desa Firdaus ialah dengan menggunakan beberapa metode yaitu dengan menggunakan air, sentuhan tangan, dan terapi bekam. (2) kegiatan yang dilakukan dalam menyembuhkan pasien gangguan jiwa ringan pada implementasi terapi ruqyah adalah dengan menjaga shalat lima waktu, berdzikir, bershalawat dan melakukan do’a-do’a wirit, senantiasa membaca ayat suci Alquran, berwudhu dan membaca ayat kursi sebelum tidur, melaksanakan shalat malam serta membaca bismillah saat mengawali suatu kegiatan. (3) hasil penerapan terapi ruqyah dalam menyembuhkan pasien gangguan jiwa ringan ialah pengobatan ruqyah adalah pengobatan tradisional yang sudah ada sejak zaman rasullah yang dapat mengobati dan menyembuhkan suatu penyakit baik mental, spiritual, moral dan penyakitf fisik melaluli bimbingan Alquran dan Sunnah Rasullah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Terapi Ruqyah, Gangguan Jiwa Ringan
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.2 Da’wah Islam > 2X7.22 Masyarakat Da’wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 25 Jan 2022 05:40
Last Modified: 25 Jan 2022 05:40
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13390

Actions (login required)

View Item View Item