Implementasi Peraturan Walikota Medan Nomor 2 Tahun 2018 Dalam Menanggulangi Bencana Banjir Di Kota Medan Ditinjau Dari Siyasah Syar’iyah (Studi Kasus Kantor Bpbd Kota Medan)

Simatupang, Muhammad Berkah (2021) Implementasi Peraturan Walikota Medan Nomor 2 Tahun 2018 Dalam Menanggulangi Bencana Banjir Di Kota Medan Ditinjau Dari Siyasah Syar’iyah (Studi Kasus Kantor Bpbd Kota Medan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_BERKAH_SIMATUPANG.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Bencana banjir menurut hukum islam merupakan pembangkangan umat manusia pada ajaran tuhan yang di sampaikan para Nabi. Bencana tersebut dapat di akibatkan ke tidak seimbangan dan disorientasikan manusia ketika memperlakukan alam sekitarnya. Pada hakikatnya, banjir bukanlah sekedar musibah akibat kemurkaan Allah kepada umat manusia. Akan tetapi banjir juga bisa merupakan fenomena ekologis yang disebabkan oleh perilaku manusia dalam mengelola pelestarian lingkungan dalam perspektif sunnah. Penelitian dengan judul “Implementasi Peraturan Walikota Medan Nomor 2 Tahun 2018 Dalam Menanggulangi Bencana Banjir Dikota Medan Ditinjau Dari Siyasah Syar’iyah (Studi Kasus Kantor BPBD Kota Medan)”. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apa saja kendala yang dialami BPBD Kota Medan dalam menanggulangi bencana banjir di kota Medan serta untuk mengimplementasi Peraturan Walikota Kota Medan Nomor 2 Tahun 2018 dalam menanggulangi bencana banjir dikota Medan ditinjau dari siyasah syar’iyah. Peneitian ini menggunakan metode jenis penelitian lapangan (field research), yang bersifat deskriptif kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder dari press release terkait penanggulangan bencana banjir di kota Medan. Data akan dianalisa dengan metode analisa data kualitatif. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan konseptual (conceptual approach). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi Peraturan Walikota Medan Nomor 2 Tahun 2018 mengenai tugas pokok dan fungsi BPBD Kota Medan dalam menanggulangi bencana banjir di kota Medan yang ditinjau dari siyasah syar’iyah yaitu aparat yang harus melaksanakan Dalalam siyasah syar’iyah juga telah di katakan bahwa pemerintah islam memiliki tugas untuk mengatur dan mengurus segala hal yang di dalamnya memerlukan pengaturan yang tegas sehingga masyarakat menjadi teratur dan bisa mencapai kepada kemaslahatan. Untuk mencapi kemaslahatan tersebut maka pemerintah Kota Medan selaku pemegang kendali daerah Kota Medan tentunya memiliki satu kebijaksanaan yang bertujuan untuk mengatur masyarakat sehingga masyarakat tersebut menjadi tertib dan teratur.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 305 Social groups
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 25 Jan 2022 04:55
Last Modified: 25 Jan 2022 04:55
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13381

Actions (login required)

View Item View Item