Pelaksanaan Layanan Mediasi oleh Badan Penasihatan Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4) dalam Merawat Keutuhan Perkawinan Pasangan yang Mengajukan Gugatan di KUA Kecamatan Medan Denai

Sari, Indah Permata (2021) Pelaksanaan Layanan Mediasi oleh Badan Penasihatan Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4) dalam Merawat Keutuhan Perkawinan Pasangan yang Mengajukan Gugatan di KUA Kecamatan Medan Denai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Indah Permata Sari-0102173136.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian skripsi ini dilatarbelakangi karena pernikahan di bawah umur dan persoalan ekonomi, perbedaan pendapat, pertengkaran dan percekcokan. Fakta tingginya angka perceraian merupakan rapuhnya pondasi rumah tangga di masyarakat. Melihat penyebab maraknya gugatan cerai kebanyakan dipicu oleh persoalan sepele, kemudian dibesar-besarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah : Mengetahui bagaimana Perencanaan BP4, Pelaksanaan BP4, dan Kendala serta Keberhasilan BP4 dalam Memediasi Pasangan yang akan Bercerai di KUA Kecamatan Medan Denai. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan Metode deskriptif dengan menggunakan instrument pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan kata-kata tulisan dan lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Kemudian teknik analisis data yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengenai peran dan pelaksanaan BP4 dalam Memediasi pasangan yang akan bercerai di KUA Kecamatan Medan Denai dengan upaya mediator atau penyuluh dalam memediasi keluarga yang akan bercerai akan dilakukan dalam dua tahap yakni : Pramediasi, Proses mediasi, Penyelesaian Masalah,dan Pengambilan Keputusan. Implikasi penelitian: KUA Kecamatan Medan Denai khususnya diharapkan bisa memberikan pelayanan mediasi, sehingga dengan maksimal khusunya didalam memberikan pelayanan mediasi, dari proses mediasi yang diterapkan oleh setiap KUA di berbagai tempat diharapkan tingkat dan jumlah perceraian bisa ditekan melalui proses mediasi tersebut sehingga angka perceraian bisa berkurang.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan, BP4, Mencegah Perceraian
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.2 Da’wah Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 25 Jan 2022 04:48
Last Modified: 25 Jan 2022 04:48
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13380

Actions (login required)

View Item View Item