Model Bimbingan Pengasuhan Bagi Muallaf Dalam Menguatkan Praktik Nilai-nilai Islam di Yayasan Muallaf Center Labuhanbatu

Ritonga, Muhammad Muhazir (2021) Model Bimbingan Pengasuhan Bagi Muallaf Dalam Menguatkan Praktik Nilai-nilai Islam di Yayasan Muallaf Center Labuhanbatu. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
MHD MUHAZIR RITONGA (0102171055).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki maksud dan tujuan untuk mendeskripsikan :1) model bimbingan Muallaf Center Labuhanbatu, 2) perubahan apa saja yang dirasakan oleh muallaf serta, 3) faktor yang menghambat pengasuhan MCL dalam memberikan bimbingan kepada muallaf. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan menggunakan metode field research dengan wawancara mendalam, observasi langsung serta didukung dengan data kepustakaan serta dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian ini. Pengambilan data dalam penelitian ini yaitu melakukan observasi secara langsung mengenai model bimbingan pengasuhan dalam menguatkan praktik nilai-nilai islam di Yayasan Muallaf Center Labuhanbatu serta dibantu dengan data kepustakaan dan dokumentasi yang bersinggungan dengan penelitian ini. Analisis data dilakukan melalui reduksi data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data-data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukan bahwa :1) model bimbingan yang diterapkan oleh Yayasan Muallaf Center Labuhanbatu diantaranya Relegion guide model, penyantuan muallaf serta Enterpreneurship guide model. 2) perubahan yang dirasakan muallaf setelah memeluk islam turut menambah banyak saudara, ilmu pengetahuan agama tentang islam menjadi luas, serta adanya tempat bertanya jika dilanda kebingungan. 3) faktor yang menghambat MCL dalam memberikan bimbingan seperti fasilitas yang belum memadai, kurangnya relawan pendakwah dan dana yang terbatas.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model, Bimbingan, Muallaf, Yayasan Muallaf Center Labuhanbatu
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.2 Da’wah Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 25 Jan 2022 04:42
Last Modified: 25 Jan 2022 04:42
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13379

Actions (login required)

View Item View Item