Analisis Kinerja Pendapatan Belanja Daerah Dalam Laporan Realisasi Anggaran Dan Kesesuaian Penyajian Laporan Terhadap Psap 02 Pada Badan Pengelola Keuangan Dan Aset Daerah Kabupaten Deli Serdang

Atiqah, Siti Nurul (2021) Analisis Kinerja Pendapatan Belanja Daerah Dalam Laporan Realisasi Anggaran Dan Kesesuaian Penyajian Laporan Terhadap Psap 02 Pada Badan Pengelola Keuangan Dan Aset Daerah Kabupaten Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SITI NURUL ATIQAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Analisis Kinerja Pendapatan Belanja Daerah Dalam Laporan Realisasi Anggaran dan Kesesuaian Penyajian Laporan Terhadap PSAP 02 Pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Deli Serdang Tahun 2017-2020. Di bawah bimbingan Pembimbing Skripsi I oleh Bapak Hendra Harmain, SE, M.Pd dan Pembimbing Skripsi II oleh Ibu Kusmilawaty, SE,Ak.M.Ak Laporan Realisasi Anggaran (LRA) yang dipublikasikan pemerintah daerah memberikan informasi yang sangat bermanfaat untuk menilai kinerja keuangan daerah. Oleh karena itu LRA menjadi salah satu laporan pertanggungjawaban keuangan daerah yang utama. Berdasarkan LRA tersebut pembaca laporan dapat membuat analisis kinerja laporan keuangan berupa analisis pendapatan, analisis belanja, dan analisis pembiayaan. Belanja dalam Laporan Realisasi Anggaran merupakan komponen penting. Belanja daerah mencerminkan kebijakan pemerintah daerah dan arah pembangunan daerah. Belanja adalah penurunan aktiva dan atau kenaikan utang yang digunakan untuk berbagai kegiatan dalam satu periode akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja belanja dalam Laporan Realisasi Anggaran (LRA) pada BPKAD. Objek penelitian yaitu Badan Pengelola Keuangan Dan Aset Daerah Kabupaten Deli Serdang. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif yang dilakukan dengan cara membuat deskripsi permasalahan yang telah diidentifikasi. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis varian pendapatan dapat dikategorikan baik, analisis pertumbuhan pendapatan pendapatan dinilai positif derajat desentralisasi dinilai kurang baik, rasio efektivitas PAD menunjukkan sangat efektif. Sedangkan analisis varian belanja dapat dikategorikan baik, analisis keserasian belanja menunjukkan belanja operasi dinilai cukup efisien. Dan kesesuaian penyajian laporan realisasi anggaran pada Badan Keuangan Daerah terhadap PSAP 02, terdapat 14 paragraf yang sesuai dan 3 paragraf belum sesuai.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 25 Jan 2022 04:21
Last Modified: 25 Jan 2022 04:21
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13375

Actions (login required)

View Item View Item