Analisis Kesulitan Guru Matematika Dalam Menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Covid-19 Di Man 1 Medan T.P 2020/2021

Pratiwi, Mai Dela Ade (2021) Analisis Kesulitan Guru Matematika Dalam Menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Covid-19 Di Man 1 Medan T.P 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Mai Dela Ade Pratiwi (PMM).pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI Mai Dela Ade Pratiwi (PMM).pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI Mai Dela Ade Pratiwi (PMM).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pada skripsi ini, peneliti membahas tentang kesulitan yang dialami oleh guru matematika dalam menerapkan pembelajaran jarak jauh selama masa Covid-19 di MAN 1 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan mengenai bagaimana kesulitan guru matematika dalam menerapkan pembelajaran jarak jauh pada masa Covid-19 di MAN 1 Medan T.P 2020/2021. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif lapangan yang dilaksanakan di MAN 1 Medan. Untuk subjek penelitian dipilih 4 orang subjek penelitian yang mewakili untuk bisa memberikan informasi yang dibutuhkan dalam penelitian ini. Data penelitian menggunakan instrumen penelitian berupa wawancara, observasi lapangan, dan juga dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Selama menerapkan pembelajaran jarak jauh ditemukan beberapa kesulitan yang dialami oleh guru matematika, diantaranya yaitu: jaringan internet yang tidak stabil, kesulitan untuk memberikan penilaian kepada siswa, kesulitan dalam membuat media pembelajaran. 2) Faktor yang mempengaruhi munculnya kesulitan yang dialami guru matematika yaitu: ketersediaan serta kemampuan jaringan internet yang kurang mencukupi, kurangnya interaksi sosial antara guru dan siswa, dan sarana yang digunakan untuk membuat media pembelajaran kurang memadai. 3) Solusi yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan yaitu sekolah menyediakan fasilitas internet bagi guru berupa wifi dan paket internet untuk siswa, serta pemberian wewenang bagi guru untuk mengijinkan siswa datang kesekolah dalam rangka berdiskusi langsung dengan guru. 4) Cara yang dilakukan guru matematika untuk melihat kemampuan siswa selama pembelajaran jarak jauh dengan memberikan tes lisan dan juga tes dengan dari google classroom. 5) Pembelajaran jarak jauh yang selama ini diterapkan dirasa tidak efektif, karena selama pembelajaran jarak jauh guru tidak bisa melihat perkembangan dan kedisplinan siswa secara langsung.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 25 Jan 2022 03:33
Last Modified: 25 Jan 2022 03:33
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13367

Actions (login required)

View Item View Item