Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Muzakki Untuk Membayar Zakat Melalui Badan Amil Zakat Daerah (Bazda) Kabupaten Bungo Propinsi Jambi

Zaki, Muhammad (2012) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Muzakki Untuk Membayar Zakat Melalui Badan Amil Zakat Daerah (Bazda) Kabupaten Bungo Propinsi Jambi. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
TESIS IAIN-SU an. M. ZAKI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Zakat merupakan salah satu rukun Islam yang memiliki dampak signifikan bagi kesejahteraan sosial masyarakat, dan merupakan sumber dana dominan bagi pertumbuhan ekonomi dan pembangunan umat Islam. Rumusan masalah yang menjadi pokok pembahasan dalam penelitian ini adalah, apakah pendapatan muzakki, pengelolaan zakat oleh BAZDA, peraturan daerah tentang zakat, dan pemahaman agama muzakki merupakan faktor-faktor yang mendorong muzakki untuk membayar zakat melalui BAZDA kabupaten Bungo. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh variabel bebas yang terdiri dari tingkat pendapatan muzakki (PM), pengelolaan zakat oleh BAZDA (PPPMZ), Peraturan Daerah tentang pengelolaan zakat (PRD), dan pemahaman agama muzakki (PA) terhadap muzakki untuk membayar zakat melalui Badan Amil Zakat Daerah (BAZDA) kabupaten Bungo propinsi Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berdasarkan pada data antarobjek (cross section). Populasi yang digunakan adalah seluruh muzakki yang membayar zakat melalui BAZDA kabupaten Bungo dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer yang dihasilkan melalui angket dan data sekunder lainnya yang diperoleh melalui wawancara, obsevasi lapangan, dan dokumentasi. Pengolahan data serta analisis statistik dalam penelitian ini menggunakan program EViews versi 4.0, dengan menggunakan tingkat signifikansi sebesar 0,05. Hasil uji validitas dan reliabilitas instrumen menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah sahih, valid, dan reliabel. Berdasarkan pada beberapa uji yang dilakukan, maka data dalam penelitian ini terdistribusi dengan normal dan terbebas dari asumsi klasik. Uji statistik dalam penelitian ini menggunakan rumus regresi dengan uji model kesalahan (error correction model) atau ECM. Hasil uji tersebut menyatakan bahwa variabel bebas (PM, PPPMZ, PRD dan PA) mampu menjelaskan variabel terikat (muzakki membayar zakat melalui BAZDA kabupaten Bungo) sebesar 75,26 persen. Secara parsial, variabel PRD dan PA memiliki pengaruh yang signifikan terhadap muzakki untuk membayar zakat melalui BAZDA kabupaten Bungo, sedangkan variabel PM dan PPPMZ memiliki pengaruh sebaliknya. Secara simultan semua variabel bebas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap muzakki. Persamaan regresi yang terbentuk dengan model ECM adalah: D(Z) = - 57293.72518 + 0.002133617447 D(PM) + 326402.4399 D(PPPMZ) - 1865924.919 D(PRD) + 3395390.44 D(PA). Model ini menyatakan bahwa, jika semua variabel bebas ditiadakan, maka jumlah zakat yang diterima oleh BAZDA kabupaten Bungo akan berkurang sebesar Rp. 57.294.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.1 Ibadah > 2X4.14 Zakat
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 24 Jan 2022 04:30
Last Modified: 24 Jan 2022 04:30
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13345

Actions (login required)

View Item View Item