Peran Dinas Kehutanan Kabupaten Labuhanbatu Utara Dalam Menanggulangi Illegal Logging di Desa Sungai Raja (Studi Analisis UU No 18 Tahun 2013 Tentang Pencegahan Dan Pemberantasan Perusakan Hutan Dan Fiqh Siyasah)

Pohan, Alimuddin (2021) Peran Dinas Kehutanan Kabupaten Labuhanbatu Utara Dalam Menanggulangi Illegal Logging di Desa Sungai Raja (Studi Analisis UU No 18 Tahun 2013 Tentang Pencegahan Dan Pemberantasan Perusakan Hutan Dan Fiqh Siyasah). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ALIMUDDIN REVISI 24-11-2021`.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh Permasalahan illegal logging yang merupakan suatu hal yang sangat kompleks, karena tidak hanya terkait dengan aspek penegakan hukum atau yuridis, tetapi juga terkait aspek ekonomis, sosiologis dan kultur, Dari adanya permasalahan hutan yang dihadapi saat ini merupakan tanggung jawab pemerintah dan aparat penegak hukum untuk melakukan pemulihan terhadap kawasan hutan yang rusak akibat dari illegal logging. Hal ini disebabkan praktek illegal logging semakin marak dilakukan sehingga menyebabkan kerusakan hutan yang semakin meningkat. Dan disini perlu peran pemerintah untuk pencegahan dan pemberantasan illegal logging. Sesuai dengan latar belakang diatas, maka penulis membuat rumusan masalah dalam penelitian ini dalam bentuk pertanyaan yaitu: Bagaimana Praktek illegal logging terjadi di Desa Sungai Raja?, Bagaimana Peranan Dinas Kehutanan Kabupaten Labuhanbatu Utara dalam menanggulangi illegal logging di Desa Sungai Raja?, Bagaimana tinjauan Undang-Undang tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan dan Analisis Maqashid Syari’ah terhadap praktek Illegal logging di Desa Sungai Raja?. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini berdasarakan masalah diatas adalah Untuk mengetahui praktek Illegal logging yang terjadi di Desa Sungai Raja, Untuk mengetahui Peranan Dinas Kehutanan Kabupaten Labuhanbatu Utara dalam menanggulangi Illegal logging di Desa Sungai Raja, Untuk mengetahui tinjauan Undang- Undang tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan dan Analisis Maqashid Syari’ah terhadap praktek Illegal logging di Desa Sungai Raja. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif dengan mengumpulakan Bahan hukum sekunder yaitu, suatu bahan yang sebagai pendukung bahan hukum primer, berupa buku, peraturan perundang-undangan, karya ilmiah dan sebagainya serta arsip lainnya yang terkait dengan permasalahan yang terdapat di lokasi penelitian. Hasil penelitian disimpulkan bahwa Peran Dinas Kehutanan Kabupaten Labuhanbatu Utara dalam menanggulangi Illegal Logging di Desa Sungai Raja (Studi Analisis UU No 18 Tahun 2013 Tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan dan Fiqh Siyasah) adalah dengan mengadakan patroli secara rutin, melakukan penyuluhan kepada masyarakat setempat dan berkoordinasi denga muspika.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.7 Hukum Internasional > 2X4.71 Hukum ketatanegaraan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 24 Jan 2022 02:55
Last Modified: 24 Jan 2022 02:55
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13338

Actions (login required)

View Item View Item