Pelanggaran Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Gayo Lues Tahun 2017 di Tinjau dari Fiqh Siyasah (Studi Analisis Putusan MK No. 29/PHP.BUP-XV/2017)

Putri, Dewy Ayu Sarastika (2021) Pelanggaran Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Gayo Lues Tahun 2017 di Tinjau dari Fiqh Siyasah (Studi Analisis Putusan MK No. 29/PHP.BUP-XV/2017). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI dewy ayu sarastika putri .pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Indonesia adalah negara demokrasi dan sekaligus negara hukum ditetapkan dalam rancangan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia. Pada pasal 1 ayat (2) menegaskan, bahwa “kedaulatan berada ditangan rakyat dan dilaksanakan menurut undang-undang dasar”. Sesuai apa yang dijelaskan dalam pembukaan dan pada pasal 1 UUD 1945, Indonesia menganut asas kedaulatan rakyat, yang dimaksud dengan kedaulatan rakyat yaitu kedaulatan yang dipunyai oleh rakyat antara lain terlihat dilaksanakannya pemilu dalam waktu tertentu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelanggaran pemilihan kepala daerah Kab. Gayo Lues tahun 2017, bagaimana pertimbangan hukum hakim MK berdasarkan putusan No. 29/PHP.BUP-XV/2017, bagaimana tinjauan fiqh siyasah terhadap pelanggaran Pemilihan Kepala Daerah Kab. Gayo Lues tahun 2017. Jenis penelitian ini adalah Dalam penelitian ini akan digunakan langkah penelitian kualitatif yang sesuai dengan maksud dari metode penelitian normatif yang didalamnya menggunakan teknik pengumpulan data secara kepustakaan, yaitu reduksi data yang akan di teliti bersifat naratif, dengan mewawancarai narasumber sehingga dengan wawancara, data yang di dapatkan berkembang. Dalam tinjauan fiqh siyasah hal ini berhubungan dengan pelaksanaan pemilu-kada yaitu tentang hubungan masyarakat dan pemimpinnya. Kajian fiqh siyasah pada masalah ini terletak pada fiqh siyasah dusturiyah yang mana kajian ini membahas tentang hubungan pemimpin dengan rakyatnya serta intuisi yang ada di negara ini sesuai dengan kebutuhan rakyat untuk kemaslahatan dan pemenuhan kebutuhan rakyat itu sendiri

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.7 Hukum Internasional > 2X4.71 Hukum ketatanegaraan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 24 Jan 2022 02:39
Last Modified: 24 Jan 2022 02:39
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13335

Actions (login required)

View Item View Item