Pemberdayaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sebagai Penggerak Desa Wisata (Studi Kasus: Desa Wisata Denai Lama Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang)

Fajira, Dini (2020) Pemberdayaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sebagai Penggerak Desa Wisata (Studi Kasus: Desa Wisata Denai Lama Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
organized.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai salah satu entitas lembaga usaha desa di Desa Denai Lama memiliki kontribusi penting dalam rangka mendukung program pembangunan desa. Salah satu program BUMDes untuk memperkuat perekonomian Desa Denai Lama adalah program Desa Wisata. Sebagai penggerak utama Desa Wisata Denai Lama, BUMDes memegang peran sentral dalam pembangunan kepariwisataan di Desa Denai Lama. Oleh karenanya BUMDes memiliki tantangan ke depan untuk senantiasa berbenah dalam rangka menjawab setiap tantangan perubahan di bidang kewirausahaan sosial, terutama bidang kepariwisataan. Melalui program pendampingan pada BUMDes Sastro 3- 16 Desa Denai Lama, kegiatan pemberdayaan diarahkan untuk meningkatkan kapasitas dan skill BUMDes dalam mengelola dan mengembangkan desa wisata di Desa Denai Lama. Adapun metodologi yang digunakan ialah Aset Based Community Development (ABCD), atau yang biasa dikenal dengan Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Pada Aset, dengan pendekatan teknik Appreciatve Inquiry (AI), yaitu melalui tahap menentukan (define), menemukan (discover), impian (dream), merancang (design) dan melakukan (deliver). ABCD memiliki cara pandang baru dalam melihat realitas yang ada pada masyarakat. Di mana masyarakat dipandang sebagai sumber daya yang kaya akan potensi. Melalui teknik ini masyarakat diajak untuk menemukenali dan menggunakan setiap aset dan potensi yang dimiliki untuk memulai perubahan yang lebih baik. Program pemberdayaan BUMDes di Desa Wisata Denai Lama yang berfokus pada pemanfaatan aset dan potensi alam, berhasil merumuskan program perencanaan pengembangan Desa Wisata Denai Lama yaitu dengan merancang paket wisata dan atraksi/wahana baru, meningkatkan wawasan dan skill BUMDes sebagai pengelola, meningkatkan kepuasan dan kenyamanan wisatawan dengan membuat musholla dan toilet umum di Agrowisata Paloh Naga, merancang home stay, dan menanam palawija setelah masa panen padi di area Agrowisata Paloh Naga

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 21 Jan 2022 08:56
Last Modified: 21 Jan 2022 08:56
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13327

Actions (login required)

View Item View Item