Analisis Keputusan Dan Loyalitas Nasabah PT. Bank BRI Syariah Tbk Di Sumatera Utara

Fitrianingsih, Fitrianingsih (2021) Analisis Keputusan Dan Loyalitas Nasabah PT. Bank BRI Syariah Tbk Di Sumatera Utara. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
disertasi pdf-3-312_merged.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu menguji dan menganalisis secara empiris pengaruh servicescape, atribut produk Islami, literasi keuangan syariah, dan kepercayaan, terhadap keputusan dan loyalitas nasabah pada PT Bank BRIsyariah Tbk di Sumatera Utara. Nasabah PT Bank BRIsyariah yang berada di dua kantor cabang dan lima kantor cabang pembantu di Sumatera Utara merupakan subjek yang diteliti dalam penelitian ini. Sebanyak 185 nasabah telah dipilih sebagai sampel penelitian dengan menggunakan teknik sampel accidental. Jenis penelitian ini merupakan kuantitatif dengn mengguanakan kuesioner dalam pengumpulan datanya. Teknik analisis data yang digunakan yaitu SEM dengan program Smart PLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa servicescape, literasi keuangan syariah, dan kepercayaan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah dalam memilih PT Bank BRIsyariah Tbk di Sumatera Utara, atribut produk Islami dan kepercayaan memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah, dan keputusan memilih memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah. Selanjutnya atribut produk islami tidak berpengaruh terhadap keputusan memilih PT Bank BRIsyariah Tbk di Sumatera Utara, servicescape dan literasi keuangan syariah tidak berpengaruh terhadap loyalitas nasabah PT Bank BRIsyariah Tbk di Sumatera Utara. Keputusan memilih dapat memediasi pengaruh servicescape, literasi keuangan syariah dan kepercayaan terhadap loyalitas nasabah, sedangkan keputusan memilih tidak dapat memediasi pengaruh atribut produk Islami loyalitas nasabah PT Bank BRIsyariah Tbk di Sumatera Utara. Pengaruh variabel terbesar pada keputusan memilih dan loyalitas nasabah PT Bank BRIsyariah Tbk di Sumatera Utara yaitu variabel kepercayaan, sedangkan variabel atribut produk Islami memiliki koefisien regresi paling kecil pada keputusan memilih dan literasi keuangan syariah memiliki pengaruh paling kecil terhadap loyalitas nasabah PT Bank BRIsyariah Tbk di Sumatera Utara.

Jenis Item: Skripsi (Doctoral)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Doktor > Disertasi Doktor
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 21 Jan 2022 05:17
Last Modified: 21 Jan 2022 05:17
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13308

Actions (login required)

View Item View Item