HUKUM PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK MENURUT FATWA DSN : 75/DSN MUI / VII / 2009 TENTANG PEDOMAN PENJUALAN LANGSUNG BERJENJANG SYARI'AH

Hidayani, Risna (2021) HUKUM PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK MENURUT FATWA DSN : 75/DSN MUI / VII / 2009 TENTANG PEDOMAN PENJUALAN LANGSUNG BERJENJANG SYARI'AH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA.

[img]
Preview
Text
skripsi Risna Hidayani PDF.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

HUKUM PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK MENURUT FATWA DSN : 75/DSN MUI /VII/2009 TENTANG PEDOMAN PENJUALAN LANGSUNG BERJENJANG SYARI'AH (Studi Kasus Pengguna Tiktok Kecamatan Medan Perjuangan Kota Medan). Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan pokok yaitu pengunaan aplikasi TikTok yang dapat menghasilkan upah atau bonus dengan cara menjalankan misi yang disediakan di dalamnya kemudian pengguna akan mendapatkan poin dari hasil menjalankan misinya tersebut dan pemberian bonus yang didapatkan secara pasif dan bonus yang tidak dijelaskan upahnya dalam aplikasi TikTok. Masalah yang akan diteliti adalah bagaimanakah mekanisme kerja dari aplikasi TikTok, bagaimanakah pendapat tokoh masyarakat terhadap penggunaan aplikasi TikTok, bagaimanakah hukum penggunaan TikTok ditinjau dari Fatwa DSN :75/DSN MUI/VII/2009 Tentang Pedoman Penjualan Langsung Berjenjang Syari'ah. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini ialah, untuk mengetahui mekanisme pemberian bonus dan hukum penggunaan TikTok ditinjau dari Fatwa DSN : 75/ DSN MUI/VII/2009 Tentang Pedoman Penjualan Langsung Berjenjang Syari'ah. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif empiris dengan pendekatan kualitatif. Sumber datanya meliputi data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah induktif. Berdasarkan hasil analisis dari penelitian ini, bahwa hukum penggunaan aplikasi TikTok dalam menjalankan misi untuk mendapatkan bonus menurut Fatwa DSN-MUI No.75/DSN-MUI/VII/2009 tidak boleh ada komisi atau bonus secara pasif yang diperoleh secara regular dan tanpa melakukan pembinaan kemudian bonus yang diberikan oleh perusahaan kepada anggota (mitra usaha) harus jelas jumlahnya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 343 Military, tax, trade, industrial law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 21 Jan 2022 04:02
Last Modified: 21 Jan 2022 04:02
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13304

Actions (login required)

View Item View Item