Hubungan Perilaku Merokok Orang Tua Dengan Kejadian Infeksi Saluran Pernafasan Akut (Ispa) Pada Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Bestari Medan Petisah

Armiyati, Tasya (2021) Hubungan Perilaku Merokok Orang Tua Dengan Kejadian Infeksi Saluran Pernafasan Akut (Ispa) Pada Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Bestari Medan Petisah. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA.

[img]
Preview
Text
TASYA ARMIYATI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) merupakan infeksi akut yang melibatkan organ saluran pernafasan bagian atas dan saluran pernafasan bagian bawah. Kurangnya pengetahuan orang tua mengenai bahaya asap rokok yang dapat memicu kejadian ISPA pada balita. Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui Hubungan Perilaku Merokok Orang Tua Dengan Kejadian Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) pada Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Bestari. Penelitian ini menggunakan metode Cross Sectional. Populasi pada penelitian ini yaitu orang tua yang memiliki balita, dan pemilihan sampel dengan menggunakan rumus uji dua proporsi sehingga diperoleh 145 sampel. Uji Statistic menggunakan Chi Square. Lokasi pada penelitian ini diwilayah kerja Puskesmas Bestari dan dilaksanakan pada bulan April-Oktober tahun 2021. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan ada hubungan signifikan antara pengetahuan (Pvalue= 0,04), sikap (Pvalue = 0,00), perilaku (Pvalue =0,00), kelembaban (Pvalue = 0,04), Ventilasi (Pvalue = 0,00), menunjukkan tidak ada hubungan signifikan yang meliputi Pencahayaan (Pvalue = 0,42). diharapkan untuk petugas kesehatan untuk memberikan penyuluhan rutin kepada masyarakat agar menghindari penggunaan rokok terutama orang tua yang memiliki balita untuk mengurangi angka kejadian penyakit ISPA pada balita.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 616 Diseases
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 21 Jan 2022 03:24
Last Modified: 21 Jan 2022 03:24
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13300

Actions (login required)

View Item View Item