Pengetahuan, Sikap, Dan Tindakan Dalam Penggunaan Alat Pelindung Diri Pada Petani Penyemprot Pestisida Di Desa Perpulungen Kecamatan Kerajaan Kabupaten Pakpak Bharat

B.Manalu, Abdur Suripto (2021) Pengetahuan, Sikap, Dan Tindakan Dalam Penggunaan Alat Pelindung Diri Pada Petani Penyemprot Pestisida Di Desa Perpulungen Kecamatan Kerajaan Kabupaten Pakpak Bharat. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA.

[img]
Preview
Text
skripsi ABDUR SURIPTO B. MANALU2021.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kandungan zat kimia pada pestisida sangat berbahaya bagi kesehatan petani penyemprot pestisida seperti mual, muntah, dan keracunan. Bahaya keracunan dapat dikurangi dengan penggunaan alat pelindung diri (APD). APD adalah suatu alat yang berkemampuan untuk melindungi pekerja saat melakukan pekerjaan yang berfungsi untuk melindungi tubuh pekerja dari bahaya saat bekerja. Tujuan penelitian untuk mengetahui gambaran Pengetahuan, Sikap, Dan Tindakan Dalam Penggunaan Alat Pelindung Diri Pada Petani Penyemprot Pestisida Di Desa Perpulungen Kecamatan Kerajaan Kabupaten Pakpak Bharat. Jenis penelitian kuantitatif pendekatan observasional rancangan deskriptif. Populasi penelitian seluruh petani di desa perpulungen sebanyak 445 dan sampel sebanyak 82. Pengambilan sampel secara Accidental Sampling. Hasil penelitian membuktikan pengetahuan petani pada penggunaan alat pelindung diri pada kategori cukup (42,7%), sikap pada kategori positif (63,4%), dan tindakan pada kategori baik (75,6%), dan penggunaan APD pada kategori tidak lengkap (100%). Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan bagi pihak terkait khususnya penyuluh pertanian untuk melakukan penyuluhan tentang alat pelindung diri bagi petani, memfasilitasi alat pelindung diri, dan bagi petani selalu menggunakan alat pelindung diri secara lengkap saat melakukan penyemprotan pestisida.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > 668 Technology of other organic products
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 21 Jan 2022 02:59
Last Modified: 21 Jan 2022 02:59
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13298

Actions (login required)

View Item View Item