Analisis Penerapan Rescheduling, Reconditioning dan Restructuring Sebagai Upaya Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah Di PT. Bank Sumut Syariah KCP Marelan Raya

Siregar, Maulana Yusup (2021) Analisis Penerapan Rescheduling, Reconditioning dan Restructuring Sebagai Upaya Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah Di PT. Bank Sumut Syariah KCP Marelan Raya. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Maulana Yusup Siregar - Copy.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini ialah pelaksanaan rescheduling, reconditioning, dan restructuring dapat menjadi suatu cara yang efektif dikarenakan sifatnya yang tidak memkasa keadaan nasabah dan pelaksanaannya sesuai dengan permohonan nasabah bermasalah itu sendiri tanpa adanya paksaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan rescheduling, reconditioning, dan restructuring pada PT. Bank Sumut Syariah KCP Marelan Raya. Lalu untuk mengetahui apa saja kendala-kendala yang dihadapi oleh pihak bank dalam penerapan rescheduling, reconditioning, dan restructuring. Dalam penelitian ini penulis menggunakan motode penelitian kualitatif deskriptif yang menggambarkan tentang objek berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang- orang dan perilaku yang di amati guna mendapatkan data-data yang diperlukan. Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan dapat di ketahui bahwa penerapan rescheduling, reconditioning, dan restructuring pada PT. Bank Sumut Syariah KCP Marelan Raya dapat dilakukan secara bersamaan atau kombinasi, seperti pelaksanaan Rescheduling dan Reconditioning, Rescheduling dan Restructuring, serta Rescheduling, Reconditioning dan Restructuring secara bersamaan. Bank dapat memberikan keringanan jumlah angsuran disertai dengan kelonggaran jadwal pembayarannya sesuia dengan kebijakan yang diambil dan adanya kesepakatan bersama nasabah. Sedangkan kendala yang dihadapi oleh PT. Bank Sumut Syariah KCP Marelan Raya ialah antara lain seperti tidak adanya itikad baik nasabah untuk membayar, nasabah tidak memiliki prospek usaha yang baik, dan ketidakmampuan nasabah dalam memenuhi kewajibannya setelah dilakukan restrukturisasi pembiayaan, dsb.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Rescheduling, Reconditioning, Restructuring, dan Pembiayaan Bermasalah.
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 20 Jan 2022 08:09
Last Modified: 20 Jan 2022 08:09
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13290

Actions (login required)

View Item View Item