Dinamika dan Problematika Da’i Yayasan Bina Muallaf Center Komplek Masjid Bumi Asri Dalam Pembinaan Muallaf di Kabupaten Karo

Eralia, Siti Okta (2021) Dinamika dan Problematika Da’i Yayasan Bina Muallaf Center Komplek Masjid Bumi Asri Dalam Pembinaan Muallaf di Kabupaten Karo. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SITI OKTA ERALIA-SKRIPSI ASLI (1).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana strategi pembinaan Muallaf yang beada di Jalan Asrama Perumahan Komplek Bumi Asri Kec. Medan Helvetia Kota Medan Muallaf sebagai orang yang baru masuk Islam cenderung menggalami banyak permasalahan baik itu yang bersifat spritual maupun dalam sosial. Dalam konteks ini Yayasan Bina Muallaf Center menyediahkan pengajaran ajaran Islam dimulai dengan melaksanakan bimbingan Islam pada para Muallaf yang berada di Kota Medan Komplek Bumi Asri. Adapun metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi yaitu memperoleh data-data tentang latar belakang, objek penelitian yang telah di dokumentasikan Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian field research (penelitian lapangan) dan sifat penelitian adalah dekriftif kualitatif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan ialah beberapa problematika yang dihadapi oleh Da’i adalah masalah kompetensi Da’i. Adapun kompetensi yang harus dimiliki seorang Da’i adalah kompetensi personal, kompetensi sosial, kompentensi subtantif dan kompetensi metodologis. Peran Da’i dalam kegiatan dakwah bukan hanya sebagai transfer on knowledge, melainkan dinamisator, problem solver, motivator dan teladan umat. Oleh karena itu Da’i perlu meningkatkan kompetensi yang dimiliki Materi dakwah yang disampaikan oleh Da’i sebagai besar membahas ibadah yang mengambil referensi dari Al- Qur’an. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kedudukan lembaga pembinaan Muallaf sangat membantu muallaf untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan pemahaman Agama Islam. Bentuk pembinaan muallaf yang dilakukan oleh Yayasan Bina Muallaf Center Komplek Masjid Bumi Asri sangat beragam dengan melalui berbagai macam bantu dan metode pembinaan, baik untuk pembinaan agama dan pembinaan mental kepada para Muallaf.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.2 Da’wah Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 20 Jan 2022 07:13
Last Modified: 20 Jan 2022 07:13
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13278

Actions (login required)

View Item View Item