Implementasi Aktivitas Kajian Keislaman Dalam Membentuk Kepribadian Calon Pemimpin Amanah Pada Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kota Medan

Anugrah, Cici Aprilia (2021) Implementasi Aktivitas Kajian Keislaman Dalam Membentuk Kepribadian Calon Pemimpin Amanah Pada Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kota Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
cici aprilia anugrah-.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui metode dan proses implementasi aktivitas kajian keislaman dalam membentuk kepribadian calon pemimpin amanah, hambatan yang didapat saat pelaksanaan dalam aktivitas kajian keislaman membentuk kepribadian calon pemimpin amanah, dan hasil di peroleh dari kegiatan kajian keislaman di Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kota Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumen. Dengan teknik analisis data reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian: Pertama metode yang dilakukan pada aktivitas kajian keislaman adalah mentoring, ceramah, diskusi, bermain peran (role play) sesuai dengan materi, study kasus, menonton film atau dokumen yang berhubungan dengan materi kajian keislaman, kedua pelaksanaan aktivitas kajian keislaman adalah ceramah yang dilakukan secara online maupun offline dan pelatihan mubaligh. Ketiga faktor penghambat dalam pelaksanaan kajian keislaman berupa faktor internal yaitu kurangnya minat kader dan faktor ekstral berupa kurangnya fasilitas yang mumpuni baik tempat maupun pemateri. Hasil ini menyatakan bahwa kegiatan kajian keislaman mampu membentuk karakter seseorang yang memiliki minim pengetahuan agama menjadi lebih memahami ilmu agama, pribadi yang amanah dan menerapkan nilai-nilai kemuhammadiyahan dikehidupannya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kajian Keislaman, Pemimpin Amanah, Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.2 Da’wah Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 20 Jan 2022 07:07
Last Modified: 20 Jan 2022 07:07
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13275

Actions (login required)

View Item View Item