Analisis Penerapan Akad Tabarru’ Dalam Pengelolaan Dana Berdasarkan Asuransi Syariah Pada Produk Brilliancehasanah Sejahtera Medan

Hasibuan, Dani Suryani (2021) Analisis Penerapan Akad Tabarru’ Dalam Pengelolaan Dana Berdasarkan Asuransi Syariah Pada Produk Brilliancehasanah Sejahtera Medan. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA.

[img]
Preview
Text
syukur alhamdulillah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengelolaan dana dalam akad tabarru’ pada produk brilliance hasanah sejahtera. Pendekatan penelitian ini deskriptif. Deskriptif merupakan gambaran atau penjelasan yang telah diwawancarai peneliti tentang skiripsi tersebut. Dana Tabarru’ merupakan dana tolong-menolong atau hibah, akad ini belum banyak diketahui orang sehingga menarik untuk diteliti. Mengenai pengelolaan dana tabarru’ dan kesesuaian dalam pengelolaan tabarru’ Faatwa Dewan Syariah Nasiaonal Majelis Ulama Indonesia Nomor. 53/ DSN-MUI/ III/ 2006 tentang tabarru’. Oleh sebab itu, hasil peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif-deskriptip dengan tehnik pengumpulan data wawancara dan dokumetasi. Sedangkan objek penelitian berada di PT. Sun Life Financial Cabang Medan. Hasil penelitian meninjukkan bahwa setiap produk Brilliance Hasanah Sejahtera telah menerapkan akad tabarru’ pengelolaan dana dengan Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia Nomor. 53/DSN-MUI/III/2006 tentang Tabbarru’ secara keseluruhan dana perusahaan. Untuk produk yang mengandung unsur tabungan (saving) maka premi yang dibayarkan akan dibagi kedalam rekening dana peserta dan satu lagi rekening tabbarru’. Dana tabbarru’ menjadi dana tolong-menolong antara penanggung kepada tertanggung yang terkena musibah yang pembayaran klaim dialokasikan langsung dari dana tabbarru’ yang dipisahkan dari dana lainnya. Sementara aspek pengelolaan dana tabarru’ yang terkumpul oleh pihak perusahaan di investasikan kealam instrument investasi yang berbasis syariah dan hasil investasi di berikan kembali ke rekening tabbarru’ milik peserta.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 368 Insurance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 20 Jan 2022 04:47
Last Modified: 20 Jan 2022 04:47
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13268

Actions (login required)

View Item View Item