Faktor-Faktor Belum Menikah Dan Menarik Diri Dalam Pergaulan Sehari-Hari Pada Orang Dewasa Madya Di Desa Sioldengan Kecamatan Rantau Selatan

Syahfitri, Rahmadani (2021) Faktor-Faktor Belum Menikah Dan Menarik Diri Dalam Pergaulan Sehari-Hari Pada Orang Dewasa Madya Di Desa Sioldengan Kecamatan Rantau Selatan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RAHMADANI 2.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pernikahan merupakan ikatan lahir batin antara laki-laki dan perempuan sebagai suami istri, ideal usia menikah bagi laki-laki 25 tahun dan wanita 21 tahun. Namun masih ada seseorang yang sudah memasuki usia dewasa madya tetapi belum menikah. Kisaran usia madya itu merupakan pada usia 40-60 tahun. Faktor-faktor belum menikah dan menarik diri dalam pergaulan sehari-hari bagi orang dewasa madya memiliki beberapa faktor di antaranya faktor internal dan eksternal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab rumusan masalah pada penelitian ini yaitu faktor-faktor belum menikah dan kondisi kehidupan sosial dalam bergaul bagi orang dewasa madya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kulitatif dengan pendekatan deskriptif. dengan melakukan wawancara mendalam, observasi secara langsung, selain itu di dukung oleh data dan dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini telah menjawab permasalahan yang da di rumusan masalah yaitu: faktor-faktor belum menikah bagi orang dewasa madya merupakan faktor internal, informan masih trauma terhadap masa lalu, enggan menikah dan kurang menyadari hikmah pernikahan. Sedangkan kehidupan sosial dalam bergaul sehari-hari bagi orang dewasa madya yang belum menikah adalah tergantung daru individunya masing- masing, ada yang tertutup namun ada yang masih mau bersosialisasi. Tetapi yang mereka rasakan adalah perasaan kesepian.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.2 Da’wah Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 20 Jan 2022 03:58
Last Modified: 20 Jan 2022 03:58
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13260

Actions (login required)

View Item View Item