Potensi Produksi Nelayan Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pengolahan Ikan Asin Di Desa Kuala Batahan Kecamatan Batahan Kabupaten Mandailing Natal)

Suatri, Aufa (2021) Potensi Produksi Nelayan Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pengolahan Ikan Asin Di Desa Kuala Batahan Kecamatan Batahan Kabupaten Mandailing Natal). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA.

[img]
Preview
Text
BISMILLAH_SKRIPSI_AUFA_SUATRI_8-dikonversi[1].pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kuala Batahan merupakan salah satu desa yang memiliki potensi sumber daya alam penghasil ikan yang lumayan besar. Pendapatan nelayan dalam 1 bulan bisa mencapai 8 ton bahkan lebih, meskipun alat yang mereka gunakan untuk penangkapan ikan masih tradisonal. Dari potensi inilah masyarakat Kuala Batahan membuka usaha pengolahan ikan asin karna ikan yang di tangkap nelayan tidak dapat bertahan lama maka dilakukan pengolahan agar tidak terjadi pembusukan sehingga mempunyai nilai jual yang tinggi. Ikan yang dijual dari nelayan kepada pengusaha ikan asin berupa ikan yang khusus untuk dijadikan ikan asin dan ikan segar yang merupakan sisa dari penjualan nelayan karna tidak habis dijual kepada masyarakat. Pokok masalah pada penelitian ini adalah bagaimana potensi produksi pengolahan ikan asin di Desa Kuala Batahan, faktor apa yang mendorong masyarakat membuka usaha ikan asin tersebut dan bagaimana pandangan ekonomi Islam terhadap produksi hasil ikan asin yang ada di desa kuala Batahan?. Penelitian ini digolongkan kedalam penelitian lapangan (Field Research), dimana data primer dan data sekunder diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan subjek penelitian adalah pengusaha ikan asin dan karyawan, 5 orang pengusaha ikan asin dan 5 orang karyawan pengolah ikan asin. Proses analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini bahwa usaha Pengolahan ikan asin di Desa Kuala Batahan layak dikembangkan karna mampu meningkatkan pendapatan, sedangkan faktor yang mendorong masyarakat membuka usaha pengolahan ikan asin yaitu mudah dalam mendapatkan bahan baku untuk diproduksi, sumber daya alam yang potensial, adanya modal yang dimiliki. Selanjutnya, usaha pengolahan ini dianjurkan dalam Islam karna produksi yang dilakukan telah memenuhi aturan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 20 Jan 2022 03:58
Last Modified: 20 Jan 2022 03:58
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13259

Actions (login required)

View Item View Item