Pengaruh Literasi Keuangan, Fintech Peer To Peer Lending Dan Payment Gateway Terhadap Kinerja Keuangan Umkm (Studi Kasus Umkm Kota Medan)

Lubis, Ainun Mardiah (2021) Pengaruh Literasi Keuangan, Fintech Peer To Peer Lending Dan Payment Gateway Terhadap Kinerja Keuangan Umkm (Studi Kasus Umkm Kota Medan). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA.

[img]
Preview
Text
Skripsi Ainun Mardiah Lubis..pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Di Indonesia UMKM memiliki berperanan yang begitu penting untuk laju perekonomian yang mana menjadi salah satu cara dalam mempercepat pembangunan daerah. Akan tetapi UMKM sering mengalami keterlambatan dalam perkembangannya, beberapa permasalahan yang sering terjadi yaitu karena sulitnya mendapatkan pembiayaan, minimnya literasi keuangan dan kurangnya pemahaman tentang pemanfaatan teknologi. Salah satu cara dalam mengatasi permasalahn tersebut ialah dengan meningkatkan literasi keuangan dan pemmanfaatan fintech seperti fintech peer to peer lending dan payment gateway. Saat ini penggunaan fintech sangat banyak dijumpai dikehidupan sehari-hari dan terus mengalami peningkatan, namun masih banyak dari pelaku UMKM yang belum bisa menyadari serta mampu memanfaatkannya dengan baik. Peningkatan literasi keuangan serta pemanfaatan fintech dapat menjadi suatu modal besar untuk membantu pelaku UMKM untuk meminimalisir risiko yang terjadi dalam pengelolaan ataupun pengambilan keputusan dalam rangka meningkatkan kinerja keuangan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh literasi keuangan, fintech peer to peer lending dan payment gateway terhadap kinerja keuangan UMKM di Kota Medan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan data primer yang diperoleh dari kuesioner yang telah di sebarkan kepada UMKM di Kota Medan yang berjumlah 85 sampel. Dilihat dari hasil uji regresi linier berganda nilai t hitung > t tabel (2,471 > 1.9896) dengan nilai signifikansi 0,008 < 0,05, yang berarti variabel literasi keuangan berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan, variabel peer to peer lending memiliki nilai t hitung > t tabel (5,611 > 1.9896) dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti variabel peer to peer lending berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan dan variabel fintech payment gateway memiliki nilai t hitung > t tabel (3,808 > 1,9896) dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti variabel payment gateway berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan, sedangkan dilihat dari nilai uji F sebesar 65,201 > 3,11 artinya variabel literasi keuangan, fintech peer to peer lending dan payment gateway berpengaruh secara simultan terhadap kinerja keuangan UMKM di Kota Medan. Kesimpulan dari penelitian ini dilihat dari tabel koefisien determinasi nilai R Square sebesar 0,707 atau 70, 7% yang berarti literasi keuangan, fintech peer to peer lending dan payment gateway berpengaruh sebesar 70,7% terhadap kinerja keuangan UMKM di Kota Medan , sedangkan 29,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 20 Jan 2022 03:08
Last Modified: 20 Jan 2022 03:08
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13254

Actions (login required)

View Item View Item