Hukum Menggunakan Kendaraan Dinas Pemerintahan Desa Untuk Kepentingan Pribadi Perspektif Syaikh Ibnu Jibrin (Desa Bandar Panjang Kecamatan Muarasipongi, Kabupaten Mandailing Natal)

Salmi, Salmi (2021) Hukum Menggunakan Kendaraan Dinas Pemerintahan Desa Untuk Kepentingan Pribadi Perspektif Syaikh Ibnu Jibrin (Desa Bandar Panjang Kecamatan Muarasipongi, Kabupaten Mandailing Natal). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SALMI TERBARu pdf.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembahasan dalam penelitian skripsi ini berjudul: HUKUM MENGGUNAKAN KENDARAAN DINAS PEMERINTAHAN DESA UNTUK KEPENTINGAN PRIBADI PERSPEKTIF SYAIKH IBNU JIBRIN (Studi Kasus Desa Bandar Panjang Kecamatan Muarasipongi, Mandailing Natal). Sripsi ini membahas tentang bagaimana hukum menggunakan kendaraan dinas pemerintah desa untuk kepentingan pribadi yang terjadi di Desa Bandar Panjang Kecamatan Muarasipongi Kabupaten Mandailing Natal, yang mana untuk memperlancar kinerja pemerintah desa maka Negara memberikan fasilitas 1 unit kendaraan sepeda motor kepada setiap Desa. Permasalahannya adalah terkait kendaraan dinas yang seharusnya difungsikan untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas dan tanggung jawab serta kewajiban pelaksana pemerintah terhadap pelayanan masyarakat, malah sebaliknya terjadi penyalahgunaan fungsi kendaraan dinas menjadi kendaraan pribadi oleh pelaksana pemerintahan desa tersebut. Kendaraan dinas tersebut dialih fungsikan menjadi kendaraan yang dipakai sehari-hari oleh kepala desa tersebut. Berdasarkan permasalahan tersebut dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai praktek dan hukum menggunakan kendaraan dinas pemerintahan desa untuk kepentingan pribadi perspektif Syaikh Ibnu Jibrin. Adapun rumusan masalahnya yaitu: Pertama, Bagaimana penggunaan kendaraan dinas pemerintahan desa untuk kepentingan pribadi?, Kedua, Bagaimana pandangan masyarakat Desa Bandar Panjang terkait penggunaan kendaraan dinas pemerintahan desa untuk kepentingan pribadi?, Ketiga, Bagaimana hukum menggunakan kendaraan dinas pemerintahan desa untuk kepentingan pribadi perspektif Syaikh Ibnu Jibrin?, Penulisan skripsi ini menggunakan metode kualitatif yaitu berupa penelitian yuridis empiris dimana penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang mengkaji secara langsung hukum yang berlaku serta apa yang terjadi dalam kenyataan di lingkungan masyarakat yang sebenarnya dengan menggunakan metode wawancara langsung kepada narasumber terkait penyalahgunaan kendaran dinas untuk kepentingan pribadi yg terjadi di Desa Bandar Panjang. Maka dari penjelasan tersebut terdapat kesimpulan bahwa mengenai hukum penggunaan kendaraan dinas untuk kepentingan pribadi perspektif Syaikh Ibnu Jibrin di Desa Bandar Panjang Kecamatan Muarasipongi Kabupaten Mandailing Natal hukumnya adalah tidak boleh (haram).

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 20 Jan 2022 03:05
Last Modified: 20 Jan 2022 03:05
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13253

Actions (login required)

View Item View Item