Persepsi Ibu Rumah Tangga Terhadap Penggunaan Metode Kontrasepsi Jangka panjang (MKJP) Di Desa Dolok Hataran Kecamatan Siantar kabupaten Simalungun

Hasanah, Uswatun (2021) Persepsi Ibu Rumah Tangga Terhadap Penggunaan Metode Kontrasepsi Jangka panjang (MKJP) Di Desa Dolok Hataran Kecamatan Siantar kabupaten Simalungun. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Uswatun Hasanah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP) merupakan kontrasepsi yang efektif dan efisien yang dapat bertahan dalam jangka waktu yang cukup panjang untuk menjarangkan kelahiran. MKJP masih sangat sedikit digunakan oleh ibu rumah tangga disebabkan karena kurangnya pengetahuan dan dorongan dari diri sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi ibu rumah tangga terhadap penggunaan metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP). Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain eksploratif. Data diperoleh dari hasil wawancara mendalam dengan 8 informan yakni 2 kader KB dan 6 ibu rumah tangga. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Dolok Hataran Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun pada bulan Juli 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persepsi ibu rumah tangga terhadap penggunaan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) di Desa Dolok Hataran kurang baik, ditentukan dari dua faktor yaitu: faktor internal seperti penyuluhan, motivasi dan harapan serta faktor eksternal seperti kontras dan inensitas. Diharapkan kepada petugas KB di Desa Dolok Hataran melakukan penyuluhan yang lebih sering sebagai salah satu cara untuk menarik minat ibu rumah tangga dalam menggunakan MKJP sebagai alat kontrasepsi yang digunakan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Ibu rumah tangga, Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP).
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Personal Health & Safety
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 19 Jan 2022 08:57
Last Modified: 19 Jan 2022 08:57
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13248

Actions (login required)

View Item View Item