Jual Beli pakaian bekas import Menurut Fiqih Asy Syafi’I dan UU No. 7 Tahun 2014 Tentang Perdagangan (Studi Kasus di Pasar TPO Kecamatan Tanjungbalai Utara)

Sarlina, Putri (2021) Jual Beli pakaian bekas import Menurut Fiqih Asy Syafi’I dan UU No. 7 Tahun 2014 Tentang Perdagangan (Studi Kasus di Pasar TPO Kecamatan Tanjungbalai Utara). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
PUTRI SARLINAAA REPOSITORY.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Jual beli adalah kegiatan muamalah yang sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat, aktivitas yang menjadi sarana bagi kebutuhan hidup manusia. seiring dengan perkembangan zaman aktivitas jual beli bukan hanya dilakukan antar daerah tetapi juga antar Negara yang sering disebut sebagai ekspor dan Import. Jual beli pakaian bekas Import sudah lama marak di Pasar TPO Kota Tanjungbalai sehingga penulis tertarik untuk meneliti bagaimana jual beli pakaian bekas Import di pasar TPO Kota Tanjungbalai menurut Fiqih Asy Syafi‟i dan UU No. 7 Tahun 2014 tentang perdagangan. Jual beli pakaian bekas Import yang berada di pasar TPO Kota Tanjungbalai penulis dapat menarik kesimpulan bahwa jika dilihat dari jual beli yang dilakukan pembeli dan pengecer tidak ada masalah, karena kedua belah pihak sama- sama ridho. Yang menjadi masalah adalah antara agen dan pengecer yang dimana pengecer yang hendak membeli tidak bisa melihat pakaian bekas dalam bentuk bal- balan maka terdapat unsur gharar (ketidakpastian) dalam jual beli tersebut. Dan begitu juga antara agen dan pemerintah dimana agen memasukkan bal-balan pakaian bekas Import secara ilegal. Dalam Undang-Undang No. 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan juga telah mencantumkan dalam pasal 47 yang berbunyi: “Setiap Importtir wajib mengImport barang dalam keadaan baru” artinya jual beli pakaian bekas Import dilarang di Indonesia.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.21 Jual beli
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Mazhab > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 19 Jan 2022 08:52
Last Modified: 19 Jan 2022 08:52
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13247

Actions (login required)

View Item View Item