Harahap, Usman (2020) Mubahalah Dalam Tafsir Al-Azhar Karya Hamka. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
MUBAHALAH (USMAN HRP).pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Alquran merupakan kitab kehidupan, memuat berbagai aturan menyangkut tata kehidupan manusia di dunia dan hasil dari kehidupan itu di akhirat. Salah satu masalah yang diungkapkan dan diatur Alquran adalah Mubahalah. Penulisan ini mengambil studi pemikiran Buya Hamka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Mubahalah dalam Tafsir al-Azhar dan menemukan keunikan penafsiran Buya Hamka terkait permasalahan tersebut. Untuk menganalisis hukum melaksanakan Mubahalah dengan sesama orang Muslim serta untuk mengetahui signifikansi pembahasan Mubahalah dan relevansinya dengan masyarakat Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) yang mengambil sumbernya dari Tafsir al-Azhar, kemudian literatur penunjang lainnya dengan menggunakan pendekatan tematik. Penulis menenumukan tiga keunikan dalam Tafsir al-Azhar terkait Mubahalah. Yakni: Mubahalah merupakan suatu bukti tentang betapa pentingnya kedudukan wanita dalam Islam, adanya penyebutan pribahasa serta penjelasan sejarah. Tidaklah seharusnya seorang Muslim bersegera untuk melakukan Mubahalah atau menerima tantangan Mubahalah dari sesama saudaranya yang Muslim. Mubahalah merupakan salah satu permasalahan yang sangat penting untuk dikaji dan relevan untuk dibahas pada masa ini. Berikut beberapa fenomena Mubahalah di Indonesia: Sumpah pocong, Mubahalah Habib Rizieq Syihab, Mubahalah Gus Nur dan lain-lain. Mubahalah seperti ini tidak seharusnya terjadi karena berkaitan dengan masalah duniawi semata bukan masalah akidah.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 2X1 AL QURAN DAN ILMU TERKAIT |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 19 Jan 2022 08:44 |
Last Modified: | 19 Jan 2022 08:44 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13244 |
Actions (login required)
View Item |